PRILAKU KONSUMEN : Riset Konsumen
Share Bab 2 : )
Paradigma Riset Konsumen
Paradigma Riset Konsumen
• Merupakan perluasan bidang riset pemasaran yang menfokuskan pada perilaku konsumen
• Riset konsumen memungkinkan pemasar meramalkan bagaimana konsumen akan bereaksi terhadap aktivitas pemasaran
• Riset Konsumen digunakan untuk memahami cara konsumen mengambil keputusan pembelian
• Para konsumen tidak selalu sadar mengetahui mengapa mereka mengambil keputusan yang mereka lakukan
Metodologi Riset
1. Riset Kuantitatif
- Dikenal juga sebagai positivisme
- Bersifat deskriptif
- Terdiri dari Eksperimen, Teknik survei dan observasi
- Untuk memahami pengaruh berbagai masukan promosi terhadap konsumen sehingga pemasar mampu meramalkan perilaku konsumen
- Data yang dikumpulkan adalah kuantitatif
2. Riset Kualitatif
- Dikenal juga sebagai intrepretivisme
- Terdiri dari indepth interview, Focus Group, Analisis Kiasan, Riset Kolase dan teknik proyeksi
- Fokus pada tindakan menkonsumsi daripada tindakan membeli (menemukan sisi gelap konsumen)
- Teknik ini digunakan untuk memperoleh berbagai gagasan baru
Perbandingan antara Positivisme & Interpretivisme
Proses Riset Konsumen
Menyusun Tujuan riset
• Para manajer & peneliti penting untuk menyepakati dari awal maksud dan tujuan studi agar rancangan riset tepat
• Jika maksud studi mencari gagasan baru maka perlu studi kualitatif
• Jika Studi untuk mengetahui berapa orang dalam populasi yang menggunakan produk , seberapa sering menggunakannya, maka perlu studi kuantitatif
Mengumpulkan Data Sekunder
• Informasi sekunder adalah setiap data yang awalnya dihasilkan untuk tujuan tertentu yang berbeda dengan tujuan riset sekarang
• Contoh: sensus perumahan dan penduduk, sensus data mengenai umur, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, biaya sewa dll
• Sumber-Sumber:
- Sumber Internal Perusahaan: laporan laba rugi, neraca, data penjualan catatan persedian , etc
- Publikasi Pemerintah: data sensus
- Majalah & Buku
- Data Perniagaan: AC Nielsen, Frontier dll
• Riset yang dilakukan oleh para peneliti perorangan atau organisasi untuk memenuhi tujuan khusus
• Rancangan Riset Primer didasarkan pada tujuan studinya
• Informasi Deskriptif à Kuantitatif
• Memperoleh gagasan Baru à Kualitatif
Rancangan Penelitian Kuantitatif
• Metode Pengumpulan Data
• Rancangan Sampel
• Pembuatan alat Pengumpulan data
Metode Pengumpulan data (Kuantitatif)
- Penelitian Observasi: metode riset dengan cara memperhatikan konsumen selama proses membeli dan selama menggunakan produk
- Eksperimentasi: Perancangan riset dengan perencanaan kondisi untuk mengenali sebab dan pengaruhnya (Causal research)
- Survei: Metode riset dengan cara melakukan pertanyaan di lapangan kepada konsumen mengenai berbagai pilihan pembeliannya, ie: Pos, telepon, Wawancara perorangan, Online
Instrumen Pengumpulan data (Kuantitatif)
• Instrumen Pengumpulan data perlu diuji dahulu untuk menjamin validitas & reliabilitas studi riset
• Validitas: instrumen mampu mengumpulkan data yang tepat
• Realibilitas: Instrumen apabila pertanyaan yang sama , ditanyakan pada sampel yang serupa, menghasilkan kesimpulan yang sama
Jenis-Jenis Instrumen:
- Kuisioner
- Daftar Pernyataan
- Skala Sikap (Skala Likert, Skala Semantik, Skala urutan Menurut Peringkat
Metode Pengumpulan Data (Kualitatif)
- In depth Interview
- Focus Group
- Teknik Proyektif
- Analisis Metafora
Penentuan Sampel
• Siapa yang akan di survei? (Unit sampel)
• Berapa orang yang akan disurvei? (Penentuan Ukuran sampel)
• Bagaimana Menyeleksi Sampel ? (Prosedur Penentuan Sampel)
Penentuan sampel:
- Sampel Probabilitas
- Sampel NonProbabilitas
Rancangan Penentuan Sampel Probablitas dan Non Probablitas
Pengumpulan Data
• Studi Kuantitatif à Staf lapangan
• Studi Kualitatif à Para pakar ilmu pengetahuan sosial yang terlatih
Pemasar perlu memastikan apakah data benar-benar telah diperoleh
Analisis & Persiapan Pelaporan
• Studi Kualitatif à moderator atau pelaksana tes menganalisis semua jawaban yang diterima
• Studi Kuantitatif à Semua jawaban diubah menjadi kode dan diukur à ditabulasikan à dianalisis dengan menggunakan program analisis statistik
• Isi laporan: Metodologi, tabel, grafik, kuisoner