PRILAKU KONSUMEN : Keaneka Ragaman Dalam Pasar

 PRILAKU KONSUMEN : Keaneka Ragaman Dalam Pasar

Share Bab 1, mumpung ada bahan yang bisa di upload, hehehe,,


Pendahuluan

Pemasaran Abad 21:

Pasar Global menjadi Diversity

Konsumen: Umur, jenis kelamin, Pendidikan, pekerjaan, status perkawinan, kegiatan, minat, kelebih sukaan, etc

Produsen: mass merchendiser, toko diskon, toko murah, online catalog & online shopping, etc

3.      Periklanan: Media Televisi, Media Cetak, Web internet, etc

Bagaimana pemasar mengetahui siapa yang harus dibidik, dimana dan bagaimana menempatkan mereka dan pesan apa yang efektif???


Konsep Pemasaran

“ Konsep Pemasaran merupakan filsafat pemasaran yang berorientasi ke konsumen, dimana kebutuhan dan keinginan para konsumen menjadi fokus perusahaan yang utama”

•      Untuk sukses, perusahaan harus menentukan kebutuhan dan keinginanberbagai target pasar tertentu dan memberikan kepuasan yang diinginkan lebih baik daripada pesaing!

Ada 3 konsep penting yaitu :

1.      Konsep Produksi

2.      Konsep Penjualan

3.      Konsep Pemasaran


Jenis Konsumen

Konsumen Perorangan: Konsumen yang membeli barang & jasa untuk pemakaian sendiri, rumah tangga atau kado utk teman à Pemakaian Akhir Oleh Perorangan

Konsumen Bisnis: Konsumen dari Perusahaan baik Laba maupun nirlaba, badan pemerintah dan lembaga yang membeli produk, peralatan dan jasa untuk menjalankan organisasi mereka


Pemasaran Yang Fokus Pada Pelanggan












Riset Konsumen: Identifikasi  berbagai Persamaan & hal-hal Konstan Konsumen


Pengertian Studi Perilaku Konsumen

Menurut Schiffman & Kanuk:

“Perilaku Konsumen adalah perilaku yang diperlihatkan oleh konsumen ketika mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan membuang produk dan jasa yang diharapkan dapat memuaskan kebutuhan mereka”


Model Pengambilan Keputusan






















Etika Pemasaran

1. Teori Teleologi

Berkaitan dengan nilai moral atas perilaku yang ditentukan besarnya nilai tersebut berdasarkan akibatnya

“Yang terbaik bagi kebanyakan orang”

Berdasarkan Analisis Cost Benefit

2. Teori Deontologi:

•      “Jangan lakukan terhadap orang lain apa yang tidak anda inginkan dilakukan orang lain terhadap anda (atau orang yang anda cintai)


Etika & Tanggung Jawab Sosial

“Kebanyakan perusahaan mengakui bahwa kegiatan  yang bertanggung jawab sosial dapat memperbaiki citra mereka di mata konsumen, pemegang saham, masyarakat keuangan dan publik”

BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner
close