PRILAKU KONSUMEN : Keaneka Ragaman Dalam Pasar
Share Bab 1, mumpung ada bahan yang bisa di upload, hehehe,,
Pendahuluan
Pemasaran Abad 21:
Pasar Global menjadi Diversity
Konsumen: Umur, jenis kelamin, Pendidikan, pekerjaan, status perkawinan, kegiatan, minat, kelebih sukaan, etc
Produsen: mass merchendiser, toko diskon, toko murah, online catalog & online shopping, etc
3. Periklanan: Media Televisi, Media Cetak, Web internet, etc
Bagaimana pemasar mengetahui siapa yang harus dibidik, dimana dan bagaimana menempatkan mereka dan pesan apa yang efektif???
Konsep Pemasaran
“ Konsep Pemasaran merupakan filsafat pemasaran yang berorientasi ke konsumen, dimana kebutuhan dan keinginan para konsumen menjadi fokus perusahaan yang utama”
• Untuk sukses, perusahaan harus menentukan kebutuhan dan keinginanberbagai target pasar tertentu dan memberikan kepuasan yang diinginkan lebih baik daripada pesaing!
Ada 3 konsep penting yaitu :
1. Konsep Produksi
2. Konsep Penjualan
3. Konsep Pemasaran
Jenis Konsumen
Konsumen Perorangan: Konsumen yang membeli barang & jasa untuk pemakaian sendiri, rumah tangga atau kado utk teman à Pemakaian Akhir Oleh Perorangan
Konsumen Bisnis: Konsumen dari Perusahaan baik Laba maupun nirlaba, badan pemerintah dan lembaga yang membeli produk, peralatan dan jasa untuk menjalankan organisasi mereka
Pemasaran Yang Fokus Pada Pelanggan
Riset Konsumen: Identifikasi berbagai Persamaan & hal-hal Konstan Konsumen
Pengertian Studi Perilaku Konsumen
Menurut Schiffman & Kanuk:
“Perilaku Konsumen adalah perilaku yang diperlihatkan oleh konsumen ketika mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan membuang produk dan jasa yang diharapkan dapat memuaskan kebutuhan mereka”
Model Pengambilan Keputusan
Etika Pemasaran
1. Teori Teleologi
Berkaitan dengan nilai moral atas perilaku yang ditentukan besarnya nilai tersebut berdasarkan akibatnya
“Yang terbaik bagi kebanyakan orang”
Berdasarkan Analisis Cost Benefit
2. Teori Deontologi:
• “Jangan lakukan terhadap orang lain apa yang tidak anda inginkan dilakukan orang lain terhadap anda (atau orang yang anda cintai)
Etika & Tanggung Jawab Sosial
“Kebanyakan perusahaan mengakui bahwa kegiatan yang bertanggung jawab sosial dapat memperbaiki citra mereka di mata konsumen, pemegang saham, masyarakat keuangan dan publik”