PRILAKU KONSUMEN : Segmentasi Pasar

 PRILAKU KONSUMEN : Segmentasi Pasar

Yukk, Lanjut ke Bab 3,, :D

Segmentasi Pasar Proses membagi pasar potensial menjadi kelompok konsumen yang berbeda beda dan memilih satu atau lebih segmen sebagai sasaran pasar yang harus dikejar dengan bauran pemasaran yang berbeda.

Keuntungan Melakukan Segmentasi
  1. Mendisain produk-produk yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar.
  2. Menganalisis pasar
  3. Menemukan peluang (niche)
  4. Menguasai posisi yang superior dan kompetitif
  5. Menemukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien
Persyaratan Segmen Yang Baik
      Apakah Segmen itu cukup besar?
      Apakah ada daya belinya?
      Apakah dapat dibedakan dengan segmen lainnya
      Apakah sudah ada pesaing lain yang menguasai segmen itu?
      Apakah dapat dijangkau? Bagaimana menjangkaunya? Adakah media yang dapat menjangkau dengan efektif?
      Apakah memiliki sumber daya yang memadai?

Kriteria Untuk Membidik Segmen Pasar Secara Efektif
      Pengidentifikasian
      Kecukupan
      Stabilitas
      Kemudahan Dijangkau

Tiga Tahap Strategi Pemasaran
      Tahap 1:  Segmentasi Pasar
      Tahap 2:  Pemilihan Sasaran Pasar dan Bauran Pemasaran
      Tahap 3:  Positioning produk/brand

Strategi Segmentasi
  1. Segmentasi pasar yg membedakan (Diferented Marketing)
  2. Segmentasi pasar terkonsentrasi (Consentrated Marketing)
Segmentasi Pasar Yg Membedakan (Diferented Marketing)
-          Toyota Yaris = membidik pasar anak muda
-          Toyota Vios = membidik pasar eksekutif muda
-          Toyota Rush = membidik pasar keluarga muda yang ingin SUV murah
-          Toyota Kijang Innova = membidik pasar keluarga mapan yang ingin mobil yang muat banyak atau para pebisnis persewaan mobil
-          Toyota Fortuner = membidik pasar keluarga mapan yang ingin SUV
-          Toyota Corolla Altis = membidik pasar orang-orang konservatif yang telah mapan

Segmentasi Pasar Terkonsentrasi (Consentrated Marketing)
      Toyota Camry masuk poin ini karena harganya lebih tinggi dari lini-lini Toyota yang lain. Camry jika dibeli untuk keperluan perusahaan atau instansi biasanya digunakan untuk pejabat.
      Jika Lexus ikut serta, semua lininya akan masuk dalam poin ketiga

Penelitian Segmentasi
  1. Didesain untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan kelompok konsumen tertentu, dalam rangka mengembangkan produk khusus yang dapat memuaskan kelompok tersebut (contoh:  Sensodyne, Centrum)
  2. Didesain untuk menjadi acuan dalam  repositioning produk (contoh: Nintendo)
  3. Untuk mengidentifikasi media yang paling sesuai untuk beriklan (contoh:  MTV, Gadis, Hai)
Segmentasi Pasar






























Segmentasi Geografis Pembagian pasar potensial menurut tempat
Teori dibalik strategi ini adalah:  orang yang tinggal di daerah yang sama mempunyai kebutuhan dan keinginan yang serupa; 
dan bahwa kebutuhan dan keinginan ini berbeda dari kebutuhan dan keinginan orang orang yang tinggal di daerah lain

Segmentasi Demografis
      Usia
      Jenis Kelamin
      Status Perkawinan
      Pendapatan
      Pendidikan
      Pekerjaan

Status Perkawinan
      Rumah tangga sebagai unit konsumsi
     Lajang
     Cerai
     Orang tua tunggal
     Pasangan penghasilan ganda

Segmentasi Psikologis
      Motivasi
      Kepribadian
      Persepsi
      Learning
      Sikap

AIOs
Variabel psikografis (gaya hidup) yang difokuskan pada activities (kegiatan), interests (ketertarikan), and opinions (pendapat).

Siklus Hidup Keluarga
      Tahapan yang dilalui sebuah keluarga dari pembentukannya, pertumbuhannya, hingga tahap disolusi
     Bachelorhood
     Honeymooners
     Parenthood
     Post-parenthood
     Dissolution
      Explicit basis: marital status, family status
      Implicit basis: age, income, employment

Segmentasi Sosial Budaya
      Siklus hidup keluarga
      Kelas sosial
      Budaya, subbudaya dan lintas budaya

Segmentasi Terkait Pemakaian
      Tingkat Pemakaian
     Berat vs Menengah vs ringan
      Awareness Status
     Sadar vs Tidak Sadar
      Brand Loyalty
     Brand Loyal vs. Brand Switchers

Segmentasi Situasi-Pemakaian
      Segmentasi berdasarkan acara atau situasi khusus.
      Contoh:
     Bilamana anak saya, Rina, memperoleh kenaikan gaji, saya selalu ditraktirnya makan malam
     Dalam kunjungan bisnis ke luar negeri, saya selalu berusaha menginap di hotel bintang empat.
     Saya selalu membeli bungan untuk istri saya di hari ulang tahun perkawinan kita.

Segmentasi Manfaat
      Segmentasi berdasarkan pengenalan salah satu atau beberapa manfaat terpenting produk dan jasa
     Jaminan Keuangan
     Kenyamanan
     Kesehatan yang baik
     Luwes & Pantas, dll

Pendekatan Segmentasi Gabungan
  1. Profil Psikografis - Demografis
  2. Segmentasi Geodemografis
  3. Sistem Nilai & Gaya Hidup (VALS)
BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner
close