PRILAKU KONSUMEN : Segmentasi Pasar
Yukk, Lanjut ke Bab 3,, :D
Segmentasi Pasar : Proses membagi pasar potensial menjadi kelompok konsumen yang berbeda beda dan memilih satu atau lebih segmen sebagai sasaran pasar yang harus dikejar dengan bauran pemasaran yang berbeda.
Keuntungan Melakukan Segmentasi
- Mendisain produk-produk yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar.
- Menganalisis pasar
- Menemukan peluang (niche)
- Menguasai posisi yang superior dan kompetitif
- Menemukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien
Persyaratan Segmen Yang Baik
• Apakah Segmen itu cukup besar?
• Apakah ada daya belinya?
• Apakah dapat dibedakan dengan segmen lainnya
• Apakah sudah ada pesaing lain yang menguasai segmen itu?
• Apakah dapat dijangkau? Bagaimana menjangkaunya? Adakah media yang dapat menjangkau dengan efektif?
• Apakah memiliki sumber daya yang memadai?
Kriteria Untuk Membidik Segmen Pasar Secara Efektif
• Pengidentifikasian
• Kecukupan
• Stabilitas
• Kemudahan Dijangkau
Tiga Tahap Strategi Pemasaran
• Tahap 1: Segmentasi Pasar
• Tahap 2: Pemilihan Sasaran Pasar dan Bauran Pemasaran
• Tahap 3: Positioning produk/brand
Strategi Segmentasi
- Segmentasi pasar yg membedakan (Diferented Marketing)
- Segmentasi pasar terkonsentrasi (Consentrated Marketing)
Segmentasi Pasar Yg Membedakan (Diferented Marketing)
- Toyota Yaris = membidik pasar anak muda
- Toyota Vios = membidik pasar eksekutif muda
- Toyota Rush = membidik pasar keluarga muda yang ingin SUV murah
- Toyota Kijang Innova = membidik pasar keluarga mapan yang ingin mobil yang muat banyak atau para pebisnis persewaan mobil
- Toyota Fortuner = membidik pasar keluarga mapan yang ingin SUV
- Toyota Corolla Altis = membidik pasar orang-orang konservatif yang telah mapan
Segmentasi Pasar Terkonsentrasi (Consentrated Marketing)
• Toyota Camry masuk poin ini karena harganya lebih tinggi dari lini-lini Toyota yang lain. Camry jika dibeli untuk keperluan perusahaan atau instansi biasanya digunakan untuk pejabat.
• Jika Lexus ikut serta, semua lininya akan masuk dalam poin ketiga
Penelitian Segmentasi
- Didesain untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan kelompok konsumen tertentu, dalam rangka mengembangkan produk khusus yang dapat memuaskan kelompok tersebut (contoh: Sensodyne, Centrum)
- Didesain untuk menjadi acuan dalam repositioning produk (contoh: Nintendo)
- Untuk mengidentifikasi media yang paling sesuai untuk beriklan (contoh: MTV, Gadis, Hai)
Segmentasi Pasar
Segmentasi Geografis : Pembagian pasar potensial menurut tempat
Teori dibalik strategi ini adalah: orang yang tinggal di daerah yang sama mempunyai kebutuhan dan keinginan yang serupa;
dan bahwa kebutuhan dan keinginan ini berbeda dari kebutuhan dan keinginan orang orang yang tinggal di daerah lain
Segmentasi Demografis
• Usia
• Jenis Kelamin
• Status Perkawinan
• Pendapatan
• Pendidikan
• Pekerjaan
Status Perkawinan
• Rumah tangga sebagai unit konsumsi
– Lajang
– Cerai
– Orang tua tunggal
– Pasangan penghasilan ganda
Segmentasi Psikologis
• Motivasi
• Kepribadian
• Persepsi
• Learning
• Sikap
AIOs
Variabel psikografis (gaya hidup) yang difokuskan pada activities (kegiatan), interests (ketertarikan), and opinions (pendapat).
Siklus Hidup Keluarga
• Tahapan yang dilalui sebuah keluarga dari pembentukannya, pertumbuhannya, hingga tahap disolusi
– Bachelorhood
– Honeymooners
– Parenthood
– Post-parenthood
– Dissolution
• Explicit basis: marital status, family status
• Implicit basis: age, income, employment
Segmentasi Sosial Budaya
• Siklus hidup keluarga
• Kelas sosial
• Budaya, subbudaya dan lintas budaya
Segmentasi Terkait Pemakaian
• Tingkat Pemakaian
– Berat vs Menengah vs ringan
• Awareness Status
– Sadar vs Tidak Sadar
• Brand Loyalty
– Brand Loyal vs. Brand Switchers
Segmentasi Situasi-Pemakaian
• Segmentasi berdasarkan acara atau situasi khusus.
• Contoh:
– Bilamana anak saya, Rina, memperoleh kenaikan gaji, saya selalu ditraktirnya makan malam
– Dalam kunjungan bisnis ke luar negeri, saya selalu berusaha menginap di hotel bintang empat.
– Saya selalu membeli bungan untuk istri saya di hari ulang tahun perkawinan kita.
Segmentasi Manfaat
• Segmentasi berdasarkan pengenalan salah satu atau beberapa manfaat terpenting produk dan jasa
– Jaminan Keuangan
– Kenyamanan
– Kesehatan yang baik
– Luwes & Pantas, dll
Pendekatan Segmentasi Gabungan
- Profil Psikografis - Demografis
- Segmentasi Geodemografis
- Sistem Nilai & Gaya Hidup (VALS)