STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN


Tugas Kelompok
Mata Kuliah Strategi Dan Model Pembelajaran Fisika


SKENARIO MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY

Disusun Oleh:
KELOMPOK 5

ASLAM                                H0417316

                        ASBAR                                 H0417310
                        DARNA                                H0417006
                        NURUL HIKMA                  H0417004
                        MUH. RIF’A KADIR           H0417305

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN
UNIVERSITAS SULAWESI BARAT
                                              MEI 2019


                             LEMBAR PENGESAHAN

            Skenario Pembelajaran Berbasis Inquiry (Inquiry Based Learning), materi Suhu Dan Kalor dengan percobaan menggunakan Termoskop yang dibuat oleh Kelompok 5 telah disahkan dan disetujui pada:
                        Hari                 :           Kamis
                        Tanggal           :           16 Mei 2019


                                                                                    Dosen Pembimbing


                                                                                    Mutmainna, S.Pd., M.Pd.
                                                                                    NIDN. 0014118802


SKENARIO
MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING

Membuka Kegiatan Pembelajaran
Aslam              : ‘’Berdiri Siap, beri salam kepada ibu guru kita.’’
Seluruh siswa  : ‘’Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.’’
Guru                : ‘’Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.’’
Guru                : ‘’Selamat pagi anak-anak.’’
Seluruh siswa  : ‘’Pagi bu.’’
Guru                : ‘’Untuk memulai pembelajaran hari ini kita harus memulainya dengan berdoa, dan                                 Aslam mungkin bisa memimpin doa hari ini? ‘’
Aslam           : ‘’Bisa bu, Teman-teman sebelum kita memulai kegiatan hari ini, marilah kita membaca doa sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing, berdoa dimulai. Berdoa selesai.’’
Guru                : ‘’Seperti hari-hari biasanya setelah berdoa kita akan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Irmaya mungkin bisa memimpin teman-temannya menyanyikan Lagu Indonesia Raya?’’
Irmaya             : ’’Bisa bu.’’
Guru                : ‘’ Ketua kelasnya berikan ibu absensinya.’’
Rif’A               : ‘’Iye bu’’
Guru                : ‘’Ok ibu absen ya, Aslam?
Aslam              : ‘’Hadir bu’’
Guru                : ‘’Puspa? Mastuti? Cahayani? Darna? Irmaya? Rif’A Kadir? Nurhidayat? Asbar?
’Puspa, Mastuti, Cahayani, Darna, Irmaya, Rif’A Kadir, Nurhidayat, Asbar, Hadir bu.

Guru memberikan gambaran awal tentang materi Suhu dan Kalor.
Guru             : ‘’ Pada hari ini kita akan memasuki materi baru ya, coba perhatikan gambar yang pada di atas nah kira-kira apa yang terlintas dipikiran kalian mengenai gambar di atas? Nah ada yang bisa menjawab ?
Semua siswa   : ‘’Saya Bu.’’
Guru                : ‘’ Asbar silahkan dijawab.’’
Asbar          : ‘’Gambar di atas bu menunjukkan termometer bu yang berfungsi untuk mengukur suhu.’’
Guru                : ‘’ Baiklah ada lagi ingin ditambahkan?
Darna            : ‘’ Saya bu, gambar di atas merupakan alat yang digunakan untuk                                            mengukur suhu yang disebut termometer.
Rif’a               : ‘’Saya bu, suhu adalah ukuran atau derajat panas dinginnya suatu                              benda atau sistem dan kalor adalah ukuran banyaknya panas’’
Guru             : ‘’Ya memang benar bahwa suhu adalah ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda dan kalor adalah salah satu bentuk energi yang berpindah dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah bila kedua benda bersentuhan.’’

Orientasi Masalah
Guru                 : ‘’Baiklah sebelum kita memulai pembelajaran kita hari ini, ibu                                 membawa sebuah alat peraga termoskop, ibu minta partisipasi dari dua orang untuk maju kedepan, Darna dan Asbar bisa bantu ibu?
Darna              : “Siap ibu.”
Asbar                 : “Iya bu.”
( Asbar dan Darna memeragakan alat peraga dibimbing oleh guru)
Guru                : “ Untuk yang lain tolong diperhatikan yah”
Guru               : “ Baiklah Asbar tolong bakar lilin dan letakkan di sekitar lampu berwarna hitam dan Darna lakukan hal yang sama namun letakkan di sekitar lampu bening. Gunakan stopwatch untuk menghitung waktu pemanasan pada bohlam.Kemudian  kita tunggu. Untuk teman yang lain tolong perhatikan alkohol yang ada dalam selang.
(setelah beberapa menit atau ketika kedua bohlam panas dan terjadi perubahan pada alkohol yang ada pada selang.)
Darna               : ‘’ Ibu alkoholnya mulai bergerak!”
Asbar               : “ Iya bu.’’

Merumuskan Masalah
Rif’a                : “ Ibu kenapa alcohol yang dibawah bohlam hitam seakan tertekan kebawah?
Aslam              : “ Iya bu, alcohol yang dibawah bohlam putih yang justru bergerak naik?  
Guru                : “Nah untuk menjawab pertanyaan kalian, atau kira-kira ada yang bisa menjawab?” 
  
Mengajukan Hipotesis
Darna              : “Karena bohlam yang berwarna hitam lebih cepat untuk menyerap panas.”
Guru                : “ Ada yang lain?”
Semua siswa   : ‘’Tidak ada bu.’’

Pengumpulan Data
Guru                 : ‘’ Baiklah sebelum kita mendalami lebih lanjut materi pembelajaran kita hari ini, ibu akan membagi kalian kelompok, masing-masing terdiri dari 4 orang, untuk lebih menjawab hipotesis tadi maka kita akan mengadakan percobaan dengan menggunakan termoskop. Nah karna Ibu hanya punya satu alat jadi Ibu persilahkan untuk setiap kelompok melakukan percobaan dan Ibu beri waktu 10 menit dan Ibu persilahkan kepada kelompok 1 untuk melakukan percobaan terlebih dahulu.’’Kelompok 1        : ‘’Iya bu.’’         
                
Menguji Hipotesis
Guru                    : “ Nah kelompok yang sudah menlakukan percobaan agar kiranya mencari semua informasi mengenai Suhu dan Kalor. Kalianboleh mencari informasinya baik itu dari buku-buku referensi yang di perpustakaan maupun internet browsing.

Merumuskan Kesimpulan
Guru                : ‘’ Baiklah untuk setiap kelompok kira mempresentasikan hasil percobaannya yang telah di lakukan dimulai dari kelompok satu.
Aslam              : ‘’ Pada percobaan tadi terjadi perpindahan panas secara radiasi dimana proses perpindahan kalornya tidak memerlukan medium (perantara). Proses radiasi dapat berasal dari sinar matahari.
Rif’A               : ‘’Pada percobaan tadi, saat lilin dihidupkan lilin diserap oleh dua bohlam sehingga didapat bohlam yang berwarna hitam menyerap kalor lebih cepat dibandingkan kalor yang diserap pada bohlam bening, alcohol pada bagian bawah bohlam hitam terdorong ke bawah dan alcohol pada bagian bawah bohlam bening terdorong ke atas.
Guru                : ‘’ Terima kasih untuk semua jawaban yang telah diberikan, ibu akan mencoba menyimpulkan dari semua jawaban yang diberikan. Pada percobaan yang telah dilaksanakan kita dapat  menyimpulkan bahwa percobaan tersebut merupakan perpindahan kalor secara radiasi dan bohlam berwarna hitam lebih cepat menyerap panas sedangkan yang bening cenderung kurang menyerap panas.
Guru                : “ Demikian pelajaran hari ini, semoga pembelajaran hari bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa untuk lebih giat belajar dirumah. Sampai jumpa di pertemuan selanjutnya. Assalamualaikum dan selamat siang.

BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner
close