Pengertian dan Jenis-jenis Antropometri


  • Pengertian

     Antropometri berasal dari “anthro” yang memiliki arti manusia dan “metri” yang memiliki arti ukuran. Antropometri adalah sebuah studi tentang pengukuran tubuh dimensi manusia dari tulang, otot dan jaringan adiposa atau lemak (Survey, 2009). Menurut (Wignjosoebroto, 2008), antropometri adalah studi yang berkaitan dengan pengukuran dimensi tubuh manusia. Bidang antropometri meliputi berbagai ukuran tubuh manusia seperti berat badan, posisi ketika berdiri, ketika merentangkan tangan, lingkar tubuh, panjang tungkai, dan sebagainya.
  • Pentingnya Antropometri

     Manusia memiliki berbagai ukuran tubuh manusia yang berbeda antara manusia yang satu dengan lainnya, seperti berat badan ,ukuran tinggi tubuh ketika posisi berdiri, lingkar tubuh, serta posisi ketika merentangkan tangan, panjang tungkai, dan sebagainya. Data antropometri tersebut digunakan untuk berbagai keperluan, seperti perancangan stasiun kerja, fasilitas kerja, dan desain produk agar diperoleh ukuran-ukuran yang sesuai dan layak dengan dimensi anggota tubuh manusia yang akan menggunakannnya. 
Dengan tersedianya data antropometri tubuh manusia Indonesia, maka kita dapat mengetahui ukuran yang presisi dan akurat sesuai dengan ukuran dimensi tubuh manusia Indonesia, seperti ketika kita akan merancang stasiun kerja dan mendesain produk. Kita dapat mengetahui jarak yang sesuai dan ergonomis ketika terdapat interaksi antara operator dengan kursi, meja dan seperangkat komputer. Kita juga dapat mengetahui desain yang tepat dan ergonomis ketika membuat sebuah produk seperti kursi, meja, jok mobil, dan baju.
  • Faktor yang Mempengaruhi Antropometri
1.Usia
2.Jenis kelamin
3.Suku/ etnis
4.Postur dan posisi tubuh
5.Jenis pekerjaan
6.Cacat tubuh secara fisik
7.Pakaian
8.Faktor kehamilan

  • Jenis Antropometri
1. Antropometri struktural (STATIS)
  Pengukuran keadaan dan ciri-ciri fisik manusia  dalam posisi diam .
2. Antropometri fungsional (DINAMIS)
  Pengukuran keadaan dan ciri-ciri fisik manusia  ketika melakukan gerakan-gerakan yang  mungkin terjadi saat bekerja (tinggi duduk,  jangkauan tangan, dll).
BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner
close