Pengertian CPM

Menurut Levin dan Kirkpatrick (1972), metode Jalur Kritis (Critical Path Method) yakni metode untuk merencanakan dan mengawasi proyek. CPM merupakan sistem yang paling banyak dipergunakan diantara semua sistem lain yang memakai prinsip pembentukan jaringan. Di dalam CPM, jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai tahap suatu proyek dianggap diketahui dengan pasti, demikian pula hubungan antara sumber yang digunakan dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek. 
Menurut Jesse dan Desirae (2009) Critical Path Method adalah salah satu metode analisis yang berbasis algoritma yang digunakan untuk penjadwalan serangkaian proses kegiatan. Hal ini penting karena CPM merupakan alat penting untuk manajemen proyek yang efektif. 
Critical  Path  Method  (CPM)  merupakan  metode  untuk  mentranlasikan atau menerjemahkan kebutuhan proyek ke dalam system matematik dengan memperhatikan tahapan umum yang rutin diaplikasikan antara lain:perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian/monitoring. 
Jalur Metode Kritis (CPM) adalah teknik untuk menganalisis proyek dengan menentukan urutan terpanjang tugas atau urutan tugas sesuai dengan tingkat kekenduran melalui jaringan proyek (Newbold, 1998). 
Jadi CPM merupakan analisa jaringan kerja yang berusaha mengoptimalkan biaya total proyek melalui pengurangan waktu penyelesaian total proyek yang bersangkutan. 
Pada tahap penjadwalan, CPM menyediakan metode yang realistis dalam menentukan bagaimana mencapai tujuan dari proyek dan untuk mengkomunikasikan serta mendokumentasikan rencana proyek secara jelas dan ringkas. Tahap monitoring membantu manajemen untuk fokus terhadap apa yang paling dibutuhkan (Anderson, 1986) 
Dalam  pekerjaan proyek terdapat hubungan ketergantungan antara  aktivitas  satu dan lainnya dengan  cara  digambarkan  dalam  diagram  network,  hal  ini  disebut  jaringan  kerja (network  planning).  Begitupun dengan PERT yang juga menggunakan jaringan kerja.

BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner