Air


Berapa banyak air putih yang harus diminum setiap hari?

Tahukah Anda bahwa setiap sistem dalam tubuh kita membutuhkan air dalam menunjang kerjanya? Contohnya saja darah mengandung cairan untuk membawa nutrisi ke sel-sel dalam tubuh kita, air juga diperlukan untuk membuang racun yang dihasilkan organ vital tubuh, air juga yang menciptakan lingkungan lembab untuk telinga, hidung, dan tenggorokan. Sehingga, organ-organ dalam tubuh kita ini bekerja dengan baik. Selain itu, air juga bermanfaat untuk mencegah batu ginjal dan sembelit.
Jika tubuh kekurangan air, maka sel-sel dalam tubuh akan lebih sulit untuk melakukan kerjanya.  juga bisa mengalami dehidrasi. Hal ini dapat menguras energi dan cepat membuat  lelah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition dan melibatkan wanita membuktikan bahwa kekurangan cairan sebanyak 1,36% setelah olahraga dapat mengganggu suasana hati dan konsentrasi, juga dapat menyebabkan sakit kepala.
Tetapi kebutuhan asupan air pada setiap orang bisa berbeda-beda, meskipun memang umumnya disarankan minimal delapan gelas per hari. Banyaknya cairan yang diperlukan tergantung dari berat badan, aktivitas tubuh hingga pola makan sehari-hari.
Jadi berapa banyak seharusnya kita minum air putih dalam sehari untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh? Sebagian menyebut delapan gelas, ada pula yang mengatakan dua liter per hari. Lalu mana yang benar? Dan berapa jumlah yang tepat? Atau mungkinkah kita minum terlalu banyak? Seperti dikutip dari Times of India, begini formulanya untuk mengetahui apakah Anda sudah mencukupi cairan atau belum:
1.      Berat Badan
Setiap orang memiliki berat badan yang berbeda, dan kebutuhan akan cairannya pun bisa berbeda. Misalnya saja orang dengan berat badan 45 kg tidak perlu meminum air sebanyak orang yang memiliki bobot 70 kg.  
2.      Bagi per 30
Bagi berat badan kita dengan angka 30, jawabannya adalah liter air yang perlu Anda minum per harinya. Sebagai contoh, jika berat badan 60 kg, maka jika dibagi dengan 30 berarti air yang perlu Anda minum adalah 2 liter. Apabila berat 80 kg, maka 80 : 30 = 2,6 berarti kita perlu minum 2 liter 600 ml air. Sementara itu untuk berat badan 45 kg, air yang perlu diminum adalah 1,5 liter.
3.      Perhatikan Aktivitas Fisik
Jika kita rutin olahraga, berarti tubuh akan kehilangan cairan melalui keluarnya keringat. Maka dari itu, perlunya menambah asupan air sesuai durasi olahraga yang dilakukan. Disarankan menambah sekitar 350 ml air untuk setiap sesi olahraga selama 0,5 jam. Jadi apabila kita olahraga selama satu jam maka asupan air yang perlu ditambah 0,7 liter atau setara 700 ml. 
4.      Makanan Juga Mengandung Air
Jika kita disarankan minum 1,5 atau 2 liter air, bukan berarti harus minum air putih sebanyak itu. Kebutuhan cairan juga bisa dipenuhi lewat makanan. Sekitar 20-25 persen asupan air berasal dari makanan yang disantap. Baik itu berasal dari buah-buahan, sayuran, atau makanan berkuah. Sisanya, harus tetap dipenuhi dalam bentuk minuman dan diutamakan air putih.
Namun begitu, kita sendiri yang dapat menilai berapa banyak air yang dibutuhkan. Kebutuhan air bervariasi antar individu. Yang paling baik adalah minum setiap kali kita merasa haus, sehingga kebutuhan air kita terpenuhi.
Haus merupakan isyarat dari tubuh yang mengatakan bahwa tubuh sedang membutuhkan air. Kenalilah setiap isyarat haus, jika kita mengikuti isyarat tersebut, mungkin air yang kita minum dalam sehari bisa kurang dari 8 gelas, atau bahkan lebih. Tak perlu memaksakan minum air putih 8 gelas kalau kita merasa tubuh sudah cukup terhidrasi. Dan tak perlu menahan diri juga bila kita merasa masih haus setelah minum air putih 8 gelas seharian.

Apa saja yang memengaruhi kebutuhan air seseorang?

1.      Aktivitas fisik
Orang yang banyak berolahraga mengeluarkan air dari tubuhnya melalui keringat. Demikian pula dengan orang-orang yang melakukan pekerjaan fisik misalnya para buruh pekerja kasar.
2.      Iklim 
Iklim yang panas dan lembab menyebabkan orang lebih mudah berkeringat. Lokasi yang berada di ketinggian lebih dari 2.500 meter menyebabkan orang lebih sering mengeluarkan urin dan bernapas lebih cepat sehingga lebih banyak mengeluarkan air dari tubuhnya.
3.      Kondisi kesehatan
Beberapa penyakit dapat menyebabkan orang sering muntah dan atau mencret sehingga orang tersebut harus banyak minum untuk mengganti cairan tubuhnya agar tidak mengalami dehidrasi.
4.      Kehamilan dan menyusui bayi 
Wanita hamil dan menyusui harus banyak minum air untuk memenuhi kebutuhan sang ibu dan bayi. Khususnya pada saat menyusui air sangat dibutuhkan ibu untuk menghasilkan susu terus-menerus. Wanita hamil direkomendasikan minum lebih dari 2 liter air sehari

Apa saja manfaat air putih bagi kesehatan?

1.      Melumasi sendi
Tulang rawan ditemukan di sendi dan cakram tulang belakang, mengandung sekitar 80 persen air. Dehidrasi jangka panjang dapat mengurangi kemampuan penyerapan goncangan sendi, yang menyebabkan nyeri sendi.
2.      Membentuk ludah dan lendir
Saliva membantu kita mencerna makanan kita dan menjaga mulut, hidung, dan mata lembap. Ini mencegah friksi dan kerusakan. Minum air putih juga membuat mulut tetap bersih.
3.      Memberikan oksigen ke seluruh tubuh
Darah lebih dari 90 persen air, dan darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.
4.      Meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit
Dengan dehidrasi, kulit bisa menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan dini. Manfaat minum air putih sebelum tidur juga sangat bagus, di antaranya dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik, tubuh melakukan proses pembaruan sel, tidur menjadi nyenyak, dan mendetoksifikasi dari berbagai racun dalam tubuh.

5.      Mengatur suhu tubuh
Air yang disimpan di lapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh memanas. Saat menguap, itu mendinginkan tubuh saat olahraga.Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa ketika air terlalu sedikit di dalam tubuh, penyimpanan panas meningkat dan individu kurang mampu menahan regangan panas.
Cukup banyak air di dalam tubuh dapat mengurangi ketegangan fisik jika tekanan panas terjadi selama latihan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk efek ini.
6.      Melancarkan sistem pencernaan
Usus membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan, sembelit, dan perut yang terlalu asam. Ini meningkatkan risiko sakit maag.
7.      Membersihkan sisa-sisa tubuh
Air dibutuhkan dalam proses berkeringat dan pembuangan air seni dan kotoran.
8.      Membantu menjaga tekanan darah
Kekurangan air dapat menyebabkan darah menjadi lebih tebal, meningkatkan tekanan darah.
9.      Melancarkan saluran udara
Mengalami dehidrasi, saluran udara dibatasi oleh tubuh dalam upaya untuk meminimalkan kehilangan air. Ini bisa membuat asma dan alergi lebih buruk.

Sahabat, asupan cairan yang baik adalah melalui air putih, bukan melalui minuman berkalori. Minuman berkalori dapat menyebabkan kelebihan gula pada tubuh, sehingga meningkatkan risiko obesitas pada tubuh. Ditambah adanya bahan pewarna dan pengawet pada minuman kemasan yang merupakan zat asing yang harus dibuang dari tubuh. Hal ini akan berpengaruh pada fungsi hati dan ginjal untuk menawarkan racun lebih keras.
Air yang baik untuk dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, tidak mengandung logam berat dan zat berbahaya, serta tidak mengandung bakter atau parasit.
Maka dari itu, marilah kita penuhi kebutuhan air sehari-hari bagi tubuh. Supaya kesehatan fisik dan mental kita tetap terjaga.Yuk mulai sekarang jaga asupan cairan dalam tubuh.





Terimakasih buat kalian yang membantu menyelesaikan penulisan aku!




BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner
close