Cara mengganti per daun mitsubishi PS120/100



Cara menganti per daun untuk Mitsubishi PS120/100

bagongss.blogspot.co.id

OKE salam jumpa para sahabat otomotif diesel.Untuk kali ini saya akan membagikan sedikit info tentang bagaimana menganti per(pegas) daun pada Mitsubishi PS120/100.Karena sesuai dengan fungsinya per ini berguna untuk menahan beban dari muatan mobil kita.Karena kalau sampai patah maka akan fatal akibatnya.Coba bayangkan kalau patah per pas waktu muatan maka apa yang terjadi.Anda bayangkan sendiri jon…..

A.Gangguan yang dialami
1.Kendaraan akan bergoyang dan pantulannya tidak enak.
Penyababnya :
~Peredam kejut patah
 ~Mur pengikat baut begol (U) kurang kencang
2.Kendaraan tidak nyaman waktu dikendarai
Penyebabnya:
 ~Pegas daun patah
~Peredam kejut lepas atau patah
Cara mengatasi:
~Ganti pegas daun yang patah
~Jika peredam kejut lepas pasang kembali dan jika patah harus ganti

 B.Periksa dahulu
Sebelum melakukan perbaikan,pastikan dahulu penyebab dari kerusakan        itu.Tempatkan kendaraan diposisi yang rata dan lapang ,karena kita mau masuk kedalam kolong mobil.Dan ternyata pernya patah.Mari kita siapkan alatnya.

C.Alat dan bahan
1.Kunci pas(1set)
2.Kunci ring(1set)
3.Kunci inggris
4.Kunci shock(1set)
5.Obeng (+) dan (-)besar
6.Palu bessr dan kecil
7.Katrol (takel)
8.Tang jepit dan biasa
9.Dongkrak

D.Proses kerja
bagongss.blogspot.co.id

1. Langkah keamanan

~ Carilah tempat yang rata dan bersih
~ Siapkan alat-alat yang dibutuhkan
~ Pakailah wearpack

2.Pembongkaran/melepas shock absorber belakang

~ Dongkrak kendaraan
~ Lepas mur mounting bawah
~ Leaskan mur mounting atas kemudian lepaskan shock absorbernya

3.Melepas pegas daun

~ Angkat kendaraan (dongkrak) dengan menggunakan shald rigid untuk menopang body kendaraan

 Catatan : Janagan menggantungkan axle housing dengan menggunakan  brake house atau pipa selang rem hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan pada house dan pipa. Gunakan stand untuk menompang axle housing.

bagongss.blogspot.co.id

~ Lepaskan roda belakang dan clamp kabel rem tangan
~ Lepaskan baud dan mur U
~ Lepaskan mur dan pin chasis
~ Lepaskan mur baud depan leaf spring dan lepaskan spring Melepas suspensi belakang

 E. Pemeriksaan Suspensi Jenis Pegas Daun

1.Periksa shock absorber belakang dari :

 Periksa dari kemungkinan aus dan kerusakan

~ Periksa busing-busing dari keruskan dan aus
~ Periksa dari kebocoran oli
~ Bila ada kelainan dari komponen yang diperiksa maka gantilah segera

2.Periksa daun bump stopper
Periksa dari kemungkinan kerusakan atau patah, jika terdapat kelainan maka gantilah segera lalu periksa bump stopper dari posisinya, bila tidak sesuai dengan ketentuan maka gantilah segera.
3.Periksa bush per daun
Periksa dari kerusakan atau aus, bila ada kerusakan gantilah

F. Pemasangan Suspensi Jenis Pegas Daun

1. Pemasangan shock absorber

 Langkah pemasangan shock absorber :

~ Pasang shock absorber
~ Kencangkan murnya sesuai dengan spesifikasi · 2.2-3.5 Kg/m · 3.5-5.5 Kg/m c) Turunkan kendaraan Pemasangan pegas

Catatan : Leaf spring kiri dan kanan dibuat tidak sama untuk prosedur pemasanganya pakailah baud rubber slippada spring yang terpasang dari arah dalam ke arah luar krndaraan.
Bersihkan pin brush dengan air/sabun. Jangan memberikan oli pada brush

~ Pasang baud leaf spring dari arah luar kendaraan kea rah dalam
~ Pasang knuckle pin dari tengah ke luar kendaraan
~ Pasang baud dan mur U pada lubang dudukan spring dengan benar, kemudian kencangkan sesuai dengan spesifikasinya “a” : 8.0-1.0 kg/m
~ Kencangkan mur-mur pin dan mur spring depan sesuai dengan spesifikasinya. Momen pengencangan : “a” : 8.0-10.0 kg/cm “b” : 4.0-5.0 kg/cm
~ Pasang kabel remt tangan dan clam dengan baik

Oke demikian artikel tentang bagai mana cara menganti per daun dan shock breker yang rusak.Semoga arikel ini bermanfaat untuk para pecinta otomotif diesel khususnya Mitsubishi PS120/100.



BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner