Cara ganti join kopel Mitsubishi PS120/100



Cara mengganti join kopel Mitsubishi PS120/100


Salam jumpa lagi untuk para pecinta otomotif khususnya mobil.Untuk kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menganti join kopel pada Mitsubishi PS120/100.Seperti fungsinya kopel berfungsi untuk mengerakan roda pada mobil.Yang dihubungkan dari transmisi ke garden.Dan sifat dari kopel ini harus elastis,itu dikarenakan mengingat puran mesin sendiri saja sudah tinggi.Dan juga kopel ini harus bisa naik dan turun.karena medan jalan yang tidak selalu sama.

Alat dan bahan
Adapun alat yang dibutuhkan:
1.Kunci pas ring 17
2.Palu
3.Tang snap ring
4.Spet tangan

Langkah kerja
Pada awalnya,dongkrak mobil.Yakinkan terlebih dhulu bahwa kendaraan aman dan tidak bergerak.Setelah itu buka keempat mur yoke yang berada disisi belakang.Setelah itu anda kendorkan baut flens kopel dari as diferensial garden
Selanjutnya anda harus mebongkar kedua sisi propeller tersebut dengan langkah menarik,gunakan dengan tangan saja.Sehingga as kopel dan flens terpisah.
Supaya mudah bawa kopel ketempat yang lebih luas.Setelah itu buka kedelapan ring atau klip yang berada pada sambungan flens dan yoke.Gunakanlah tang snap ring dan juga obeng (-) untuk mencongkel dan tarik keluar.
Sebelum anda lepas komponen join,tandai terlebih dahulu yoke dan juga as kopel menggunakan spidol.Hal tersebut dilakukan agar anda tidak kebingungan saat pemasangannya nanti.
 Untuk lepas bearing pengikat,anda harus mengetok flans nya.Dan dilanjutkanpada semua sisi dengan langkah yang sama seperti itu  sehingga keempat bantalan terlepas.Gunakan alat penjepit agar tidak berubah ketika dipalu nanti.
Nah, jika kedua spider atau yang di sebut dengan Cross Jiont sudah lepas, bersihkan yoke, flens dan juga gerigi sambungan. Supaya lebih sip, gunakanlah hikat kawat plus bensin atau bisa juga dengan solar untuk membersihkan dari kotoran dan gemuk. Jangan lupa setelah di bersihkan lalu keringkan dengan menggunakan lap atau di semprot dengan udara kompresor.




Supaya mudah untuk memasangnya, berilah sedikit gemuk atau stempelt di bagian gerigi sambungannya. Selanjutnya berikan juga di dalam bantalan barunya. Setelah itu barulah anda pasang X-Joint baru ke as kopel dan di lanjutkan ke yoke nya. Setelah itu masukan juga bantalannya. Ketok lagi dengan menggunakan palu atau ujung kunci T sampai merata. Jangan lupa juga untuk mengunci lagi, dengan menggunakan snap ring. Dan selanjutnya pasang nipel pada Cross Joint dan Yoke ke posisi semula.

Selanjutnya jangan lupa, pasang kembali nipel ke posisi awal dan beri gemuk atau stemplet pada ke empat ujungnya. Gunakanlah alat pompa gemuk untuk memasukannya, setelah itu pasang kembali rangkaian komponen kopel yang sudah di rangkai tadi. Langkahnya sama seperti setep awal di atas tadi.

Demikain informasi yang saya sampaikan,semoga bermanfaat untuk sahabat otomotif diesel engine.
BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner