pengertian dan cara kerja altenator (dinamo cas)

ALTENATOR(dinamo cas)


bagongss.blogspot.co.id
salam jumpa para sahabat blogger,untuk kali ini saya akan membagikan sedikit informasi tentang cara kerja alternator(dynamo cas).altenator ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam system charging sebuah unit.charging(system pengecasan aki) ini digunakan untuk mengembalikan kondisi battery agar tetap selali siap digunakan  pada saat pengoprasian.karena kapasitas battery ini tidak mungkin digunakan terus menerus.
Prinsipnya, tegangan yang dihasilkan alternator diatur oleh regulator sehingga sesuai dengan karakteristik sistem kelistrikannya pada unitnya. Adapun arus yang masuk ke battery (sebagai arus pengisian) dapat dimonitor melalui A meter atau charging lamp yang dihubungkan serie dengan terminal R alternator dan terminal ACC starting switch.




Prinsip kerja altenator:
1.field coil(rotor coil)mendapat arus penguat sehingga pada rotor coil timbul medan magnet.
2.bila altenator diputer oleh engine,maka medan magnet pada rotor coil akan dipotong oleh konduktor pada stator coil.sehingga stator coil akan timbul arus listrik.
3.tegangan bolak balik yang keluar dri stator kemudian diserahkan oleh diode sehingga menjadi arus searah.
Fungsi semi conductor regulator mengontrol arus penguat ke field coil (rotor coil)sehingga teganganyang dihasilkan alternator antara 27.5s/d29.5 volt.
Prinsip kerja regulator sebagai berikut:





1.bila starting switch posisi ON maka arus dari batrray akan mengalir ke rotor coil.jalannya arus penguat:
              Battery-b-r-rotor coil-F-T1-E
2.setelah rotor menjadi magnet dan altenator diputar oleh engine,maka dari altenator akan menghasilkan tegangan.
3.bila out put voltage dari altenator masih kecil maka arus yang keluar dari altenator akan memperkuat medan mgnet pada rotor coil,sehingga out put voltage dari altenator naik.out put voltage dari altentor adalah sebanding dengan putaran dan kekuatan medn magnet.
4.saat tegangan mencapai 29.5volt maka voltage drop di V3 akan menyebabkan zener diode mendapat reverse – voltage sehingga T2 akan ON dan T1 akan OFF.dengan demikian arus penguat ke rotor coil tidak mendapat ground dan kemagnetan akan berkurang sehingga tegangan yang dihasilkan altenator akan turun.




5.bila out put voltage turun mencapai 27.5 volt maka T2 akan OFF dan T1 kembali ON (bekerja) dan field coil mendapat arus penguat kembali dan out put voltage altenator naik kembali.
Dengandemikian arus yang keluar dari altenator akan dijaga selalu tegangan regualiting yaitu27.5 volt – 29.5 volt.
Demikian yang saya ketahui semoga bermanfaat bagi sahabat semua,saya ucapkan terimakasih atas kunjungan anda.
SEMOGA BERMANFAAT.

BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner