Tips Cara Merawat Motor Matic Mio Yang Sudah Di Pakai Sampai 1 Tahun Lebih

Nah sekarang saya akan memberikan tips merawat motor matic mio agar dapat di pakai sampai bertahun tahun atau sampai 15 tahun :D hihi. Motor matic mio sangat membantu dalam hal transportasi dan pekerjaan. Namum apa jadinya tidak di duga duga saat mengendarai motor matic kalian mengalami mogor/tidak bisa melaju lagi pasti pusing kan apalagi bengkelnya jauh pasti pusing kan.


Motor ini menjadi salah satu motor yg digemari kalangan laki-laki dan perempuan karena desaignya yang ramping keren mengikuti jaman  perkembangan waktu.Disisi lain motor ini pun kemudian memiliki banyak keluhan bila tidak dirawat dengan sebaik mungkin. Sangat menjengkelkan bila sudah berangkat dan kemudian mengalami masalah pasti jengkel sekali kan hihi

Motor mio yang di pasarkan sejak tahun 2013 silam ternyata mendapatkan respon positif dari berbagai masyarakat indonesia. Nah khusunya mereka yg penggemar motor matic. Mio awalnya didedikasikan untuk kaum hawa/wanita,karena bodi motor kecil/ramping dan ringan juga banyak juga kaum laki-laki yang memakai motor matic mio ini.

Nah beberapa tips dari saya untuk menjaga/merawat motor matic anda biar tetap awet dan aman untuk berkendara di pagi hari siang dan malam yuk simak tips dibawah ini:

 1. Ganti oli transmisi CVT secara berkala agar gigi transmisi dalam mesin motor anda bisa berfungsi dengan baik. Bukan hanya motor yang bentarami gigi,motor matic juga memilikinya,biasanya oli ini di ganti setiap 10 ribu km.

2. Bersihkan dan cek kondungan oli-air pada box filter karbu. Pada motor mio, alat ini dipasangkanuntuk mengecek bagaimana tingkat kandungan air dan oli yang dicek lewat alat detektor. Selalu periksa bagian ini ya sob, jangan sampai tidak sesuai dengan takarannya. Takaran yang tidak seimbang antara oli dan air harus segera dibersihkan dengan cara dibongkar di bagian box filter karbu.

3. Cek aki motor anda,jangan sampai terkena korosi bila aki bermasalah, anda akan menemui kendala dalam menyalakan mesin dengan menggunakan starter elektrik dari aki bukan aki aki ya sob,bukan hanya korosinya, tapi bila menggunakan aki basah, selalu periksa ketinggian air di dalamnya ya sobat.

4. Nah bagian CVT sob kita harus bersihkan tali V-Belt benda ini lah yang harus sering di perhatikan kalo misalnya benda ini putus motor sobat tidak bisa jalan pastinya ya sob, V-belt diganti dalam rentan jarak yg lumayan jauh 15.000 km. bisa juga lebih cepat dari itu loh sob karena di akibatkan perawatan yang kurang. Anda bisa membantu memperpanjang umurnya dengan rutin membersihkan filter penyaring debu dicover CVT.

5. Banyak orang yang mengabaikan hal ini sob,segera ganti kampas rem cakram bila sudah terdengan berisik di bagian depan bawah motor selain itu piringan cakram akan keropos, tidak memperhatikan ini bisa jadi menimbulkan kecelakaan loh nah dari itu kita harus periksa cakram depan yah sob

6. Nah jangan lupa meyetel karbulator sob. Setelan harus pas biar tidak di jalan tiba tiba mati seketika nah itu bisa mengakibatkan kecelakaan sob, tidak boleh menyetel terlalu besar atau terlalu kecil, jika anda ragu silahkan minta tolong ke pada mekanik atau bengkel terdekat ya sob demi keamanan dan kenyamanan motor sobat.

7. Sistem pengapain ini lah yg harus di perhatikan banget hal ini rentan disemua motor, periksa agar busi motor kalian tetap kering. apalagi musim hujan air bisa saja masuk saat berkendara di jalan yg basah loh .

Nah sekarang anda harus servis motor anda secara berkala yah untuk kenyamanan anda berkendara loh,
Tips dari saya hanya segini bila ada yg kurang tolong Comment di bawah ini Terima Kasih

BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner
close