Contoh Percakapan Bahasa Jawa Halus Antara Orang Tua dan Anak

 Pengertian Bahasa Jawa sendiri adalah bahasa daerah yang berasal dari Suku Jawa. Bahasa jawa biasanya digunakan oleh orang-orang yang berasal dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY sekitarnya. Bahasa Jawa mempunyai dua jenis macam yaitu Ngoko dan Krama. Ngoko sendiri dibedakan lagi menjadi Ngoko Kasar, Ngoko Lugu (Ngoko Campuran) dan untuk Krama ada banyak jenisnya mulai dari Wreda Krama, Kramantara, Mudha Krama, Krama Lugu, dan Krama Alus.

Namun disini akan membahas contoh percakapan bahasa jawa dengan orang tua yang dilakukan oleh anak. Maka dari itu, yang digunakan yakni percakapan bahasa jawa krama alus. Bahasa jawa krama alus wajib digunakan oleh orang yang lebih muda jika berdialog dengan orang yang lebih tua, karena bahasa krama alus mempunyai kesopanan yang lebih dibanding jenis bahasa jawa lainnya.

Berikut contoh percakapan bahasa jawa halus antara orang tua dan anak

Dina esuk Senin ing mangsa Pandemi Covid-19. Ana Rinda sing lagi sekolah daring lan Bapak sing lagi sibuk nata barang-barang ning gudang. Bapak :"Le, sekolah daringmu wis rampung durung?"
Rinda :"Dereng bapak, wonten punapa?
Bapak :"Nek wis rampung, bapak njaluk tulung le."
Rinda :"Tulung punapa nggih pak?"
Bapak :"Bapak njaluk tulung rewangi nata barang-barang ning gudang."
Rinda :"Barang-barang punapa nggih pak?"
Bapak :"Barang-barang bekase dewe ning omah iki le."
Rinda :"Enggih pak, sekedap nggih kula badhe maos materi rumiyen. Mangkih sekolah jarak jauh sampun enggal, kulo abdi."
Bapak :"Iyo le."

Arti dari contoh percakapan bahasa jawa halus diatas yakni

Hari Senin pagi dimasa pandemi Covid-19. Ada Rinda yang sedang sekolah daring dan Bapak yang lagi sibuk merapikan barang-barang di gudang.
Bapak :"Nak, sekolah daringmu sudah selesai belum?"
Rinda :"Belum pak, ada apa?
Bapak :"Kalau sudah selesai, bapak ingin minta tolong nak."
Rinda :"Minta tolong apa ya pak"
Bapak :"Bapak minta tolong dibantu merapikan barang-barang di gudang."
Rinda :"Barang-barang apa ya pak?"
Bapak :"Barang-barang bekas milik kita yang ada dirumah ini nak."
Rinda :"Iya pak, sebentar ya saya ingin membaca materi dahulu. Nanti jika sekolah jarak jauh sudah selesai, saya bantu."
Bapak :"Iya nak."

Nah begitulah percakapan singkat anatara orang tua dan anak. Maka dari itu krama alus berfungsi sebagai bahasa yang sopan untuk digunakan saat berdialog dengan orang tua. Karena bahasa jawa atau basa jawa mengajarkan tentang tata krama yang tinggi untuk selalu menghormati orang yang lebih tua terkhusus dengan orang tua atau orang yang sudah sepuh.

BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner
close