4 Hal Penyebab Suara Mesin Mobil Anda Kasar dan Berisik

 



4 Hal Penyebab Suara Mesin Mobil Anda Kasar dan Berisik

  • Kurangnya Oli Pada Mesin Mobil
  • Kompresor AC Mobil Yang Berbunyi Kasar
  • Bearing Mobil Bermasalah
  • Masalah Pada Belt / Sabuk

FIX CAR MODS – Bila Anda pernah mengalami masalah terkait mobil kesayangan Anda yang mengeluarkan suara mesin mobil kasar dan berisik? Ada beberapa penyebab yang membuat kenyamanan Anda ini terganggu, pastinya ada beberapa hal yang harus diperiksa.

Seperti diketahui, mobil sebagai suatu kesatuan terdiri dari beberapa komponen rumit yang saling mempengaruhi satu sama lain. Semua komponen tersebut akan saling berputar dan bergesekan satu sama lain.

Nah, akibat gesekan antara 2 buah benda atau lebih dapat menghasilkan bunyi. Ada yang bunyinya lemah, normal, dan ada pula yang kasar atau berisik. Pada mulanya, Anda akan mengira bahwa suara kasar tersebut berasal dari mesin mobil.

Namun, setelah diselidiki ternyata yang bermasalah belum tentu mesin mobil Anda. Seperti dilansir dari laman FIX CAR MODS, ada beberapa penyebab munculnya suara kasar pada mobil Anda, antara lain:

Kurangnya Oli Pada Mesin Mobil

Jika oli pada mobil Anda sudah mulai berkurang jumlahnya, maka kinerjanya untuk mengurangi gesekan antar komponen dalam mobil juga akan berkurang. Akibatnya, timbullah sumber bunyi kasar pada mobil Anda.

Ciri timbulnya suara kasar akibat kurangnya oli pada mobil Anda adalah terdengar sumber bunyi yang berasal dari bagian atas pengaturan katup. Hal ini biasanya diakibatkan karena ada kebocoran oli, sehingga oli mudah habis ataupun karena kondisi ring piston yang sudah aus.

Jika sudah terdengar bunyi kasar tersebut, jangan dibiarkan, karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada mobil kesayangan Anda.

Kompresor AC Mobil Yang Berbunyi Kasar

Ciri yang paling mudah diidentifikasi dari mana asal bunyi kasar pada mobil Anda adalah bunyi kasar yang muncul ketika AC mobil dinyalakan. Ada beberapa penyebab munculnya bunyi kasar tersebut. Mulai dari oli kompresor AC mobil yang sudah hampir habis, atau karena banyaknya kotoran-kotoran dalam kompresor AC mobil.

Untuk mengatasi jika terjadi masalah ini relatif cukup mudah. Cukup melakukan flushing. Namun tidak cukup hanya flushing, perlu beberapa tindakan lain. Termasuk di dalamnya pergantian beberapa komponen mobil Anda.

Bearing Mobil Bermasalah

Pernah mendengar suara dengung secara terus-menerus dan semakin kencang ketika RPM naik? Atau ketika mesin mobil Anda panas? Jika terjadi hal demikian, maka dapat dipastikan yang bermasalah adalah bearing mobil Anda. Ada beberapa macam bearing dalam mobil seperti tensioner, alternator, idler, kompresor, dan water pump.

Namun, karena banyaknya bearing dalam mobil. Kita cukup sulit untuk menentukan bearing mana yang bermasalah. Jika demikian, maka Anda membutuhkan jasa bengkel untuk mencari tahu secara pasti sumber masalah dari bearing Anda. Biasanya bengkel menggunakan alat khusus bernama sound scope untuk mencari tahu dari mana asal sumber masalah ini.

Masalah Pada Fan Belt Atau Sabuk

Fan Belt atau orang-orang menyebutnya sebagai sabuk atau tali kipas merupakan komponen yang menghubungkan antara satu pull dengan yang lainnya. Belt ini menghubungkan antara putaran kipas radiator dengan alternator dan kompresor AC.

Beberapa masalah yang kerap terjadi pada belt mobil antara lain kotornya tali kipas, keringnya tali kipas, rusaknya tali kipas, ataupun ukuran tali kipas yang kurang pas.

Indikator untuk masalah keringnya tali kipas atau ukuran tali kipas yang kurang pas dapat diketahui jika Anda mendengar bunyi mendecit. Jika Anda mendengarnya, maka disarankan untuk segera diperbaiki ke bengkel. Karena jika terus-menerus dibiarkan, tali kipas tersebut akan copot dan putus di tengah jalan, yang akan berakibat pada mogoknya mesin mobil Anda di tengah jalan.

Jangan anggap remeh bunyi kasar atau berisik yang yang berasal dari mesin mobil, karena jika terus-menerus dibiarkan bisa mengakibatkan mobil Anda mogok di tengah jalan. Karena itu, penting sekali untuk melakukan pengecekan dan service rutin terhadap kendaraan agar bisa meminimalisir berbagai masalah yang terjadi saat berada di jalan.

BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner
close