Makalah Tentang Moodle Mata Kuliah Komputerisasi Pembelajaran Fisika


MAKALAH
 PEMBELAJARAN FISIKAKOMPUTERISASI
MOODLE


DARNA
H0417006
PENDIDIKAN FISIKA A 2017


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULAWESI BARAT
SEPTEMBER 2019






KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat Rahmat dan Hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “MOODLE”. Makalah ini kami buat untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi peserta diskusi pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya. Kami mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu kami, sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah “Komputerisasi Pembelajaran Fisika’’ Musdar, S. Pd., M. Pd. yang telah memberikan bimbingan dan saran yang berharga dalam penyusunan makalah ini sehingga dapat terselesaikan dengan baik.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, hal ini dari segi penyusunan maupun dari segi materi. “Tidak ada gading yang tak retak”, demikian pula dengan makalah ini. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan setiap kritik dan saran yang bersifat membangun, yang dapat memperbaiki dan menyempurnakan makalah ini.

                                                                          Majene, 26 September 2019

                                                                          Penulis





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I   PENDAHULUAN
             A.    Latar Belakang
             B.     Rumusan Masalah
             C.     Tujuan Penulisan
             D.    Manfaat Penulisan
BAB II   PEMBAHASAN
 A. Pengertian Moodle
 B. Penciptaan Moodle
 C. Fitur Moodle
 D. Pengaplikasian Moodle Dalam Pembelajaran
 E.  Kelebihan dan Kekurangan Moodle 
BAB III   PENUTUP
 A. Kesimpulan
 B. Saran
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang
                  Di era baru pendidikan saat ini banyak diperkenalkan reformasi pendidikan yang berkaitan dengan teknologi yang sangat bermanfaat bagi perkembangan pendidikan. Teknologi dalam pendidikan bisa digunakan semua kalangan dalam penerapannya karena mempermudah berjalannya pembelajaran. Pendidikan dan teknologi merupakan unsur yang sangatlah berkaitan dalam perkembangannya, diperlukan pembahasan khusus mengenai hubungan dan implementasi teknologi pada pendidikan. Aplikasi dalam teknologi sangatlah membantu pembelajaran yang akan dijalankan.
                  Di dunia e-learning Indonesia, Moodle lebih dikenal fungsinya sebagai Course Management System atau "Learning Management System" (LMS). Dengan tampilan seperti halaman web pada umumnya, Moodle memiliki fitur untuk menyajikan kursus (course), dimana pengajar bisa mengunggah materi ajar, soal dan tugas. Murid bisa masuk log ke Moodle kemudian memilih kursus yang disediakan atau di-enroll untuknya. Aktivitas murid di dalam Moodle ini akan terpantau progress dan nilainya. Di Indonesia sendiri, diketahui bahwa Moodle telah dimanfaatkan untuk sekolah menengah, perguruan tinggi dan perusahaan.

B.     Rumusan Masalah
       1. Apa yang dimaksud dengan Moodle ?
       2. Bagaimana penciptaan Moodle ?
       3. Apa saja fitur Moodle ?
       4. Bagaimana Pengaplikasian Moodle Dalam Pembelajaran ?
       5. Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Moodle ?

C.     Tujuan Penulisan
       1. Untuk mengetahui apa itu Moodle.
       2. Untuk memahami penciptaan Moodle.
       3. Untuk mengetahui fitur Moodle.
       4. Untuk mengetahui Pengaplikasian Moodle Dalam Pembelajaran.
       5. Untuk mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Moodle.

D.    Manfaat Penulisan
      1. Mengetahui apa itu Moodle.
      2. Memahami penciptaan Moodle.
      3. Mengetahui fitur Moodle.
      4. Mengetahui bagaimana Pengaplikasian Moodle Dalam Pembelajaran.
      5. Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Moodle.




                                                                            BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Moodle
                   MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constuktionist pedagogy. Moodle merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau E-Learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) dibawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal dikomputer dan sistem oprasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.

B.     Penciptaan Moodle
                   Aplikasi Moodle dikembangkan pertama kali oleh Martin Dougiamas pada Agustus 2002 dengan Moodle Versi 1.0. Saat ini moodle bisa dipakai oleh siapa saja secara open source. Sistim yang dibutuhkan agar aplikasi Moodle ini dapat berjalan dengan baik adalah sebagai berikut:
1.  Apache Web Browser
2.  PHP
3.  Database MySQL atau PostgrSQL
                     Dengan menggunakan Moodle kita dapat membangun sistim dengan konsep e-learning (pembelajaran secara elektronik) ataupun Distance Learning (pembelajaran jarak jauh). Dengan konsep ini sistem belajar mengajar akan tidak terbatas ruang dan waktu, seorang dosen/guru/pengajar dapat memberikan materi pembelajaran dari mana saja. Begitu juga dengan para murid/mahasiswa dapat mengikuti pembelajaran dari mana saja.

C.     Fitur Moodle
                   Dalam Moodle ada beberapa fitur moodle yang digunakan yaitu sebagai berikut :
1.    Assigment: fasilitas yang digunakan untuk memberikan pengasan kepada peserta pembelajaran secara online. Peserta pembelajaran dapat mengakses materi tugas dan mengumpulkan hasil tugas mereka dengan mengirimkan file hasil pekerjaan mereka.
2.  Chat: fasilitas yang digunakan untuk melakukan proses chatting (percakapan online) antara pengajar dan peserta pembelajaran dapat melakukan dialog teks secara online.
3.   Forum: sebuah forum diskusi secara online dapat diciptakan dalam membahas suatu materi pembelajaran dapat membahas topik topik belajar dalam suatu forum diskusi.
4.     Kuis: fasilitas  ini memungkinkan untuk dilakukan ujian ataupun test secara online.
5.   Survei : fasilitas ini digunakan untuk melakukan jajak pendapat  moodle juga menyediakan kemudahan untuk mengganti model tampilan website e-learning dengan menggunakan teknik template.
6.  Bahasa : beberapa pilihan bahasa juga telah disediakan oleh aplikasi Moodle. Dukungan terhadap bahasa tertentu ini terus berkembang dan dapat di dapatkan dengan cara mendownloadnya dari website Moodle. Saat ini juga sudah tersedia bahasa Indonesia sehingga kita dapat dengan mudah berkomunikasi melalui moodle.
7. Scrorm : Sharerable Conten Object Reference Model (SCORM). Adalah standart pendistribusian paket pembelajaran elektronik yang dapat digunakan untuk menampung berbagai macam format materi pembelajaran, baik dalam bentuk teks, animasi, audio dan video. Dengan menggunakan SCORM maka materi pembelajaran dapat digunakan dimana saja pada aplikasi e-learning lain yang mendukung SCORM.

                   Untuk fungsi fungsi baru yang lebih spesifik infrastruktur Moodle mendukung banyak tipe plugin seperti:
1.      Aktifitas (termasuk permainan matematika dan kata)
2.      Jenis-jenis sumber daya
3.      Jenis-jenis pertanyaan (pilihan ganda, benar/salah, mengisi titik-titik, dll)
4.      Jenis-jenis pengisian data (untuk aktifitas database)
5.      Tema bergambar
6.      Metode autentifikasi (yang membutuhkan akses menggunakan username dan password)
7.      Metode pengambilan pembelajaran
8.      Penyaring konten

D.    Pengaplikasian Moodle Dalam Pembelajaran
                   Pembelajaran menggunakan Moodle sangat menekankan pembelajaran (tidak hanya guru) dapat berkontribusi pada pengalaman edukasional. Menggunakan prinsip pedagogikal, Moodle menyediakan lingkungan fleksibel untuk komunitas belajar. Di dunia e-learning Indonesia moodle lebih dikenal fungsinya sebagai Course Management System atau Learning Management System (LMS). Moodle memiliki fitur menyajikan kursus dimana pengajar bisa mengunggah materi ajar, soal dan tugas. Murid bisa masuk log in pada moodle kemudian bisa memilih kursus yang disediakan. Aktifitas murid di dalaM moodle ini akan terpantau progress dan nilainya. Di indonesia sendiri penggunakan Moodle sering digunakan oleh sekolah menengah atas, perguruan tinggi dan perusahaan.
                   Menggunakan Moodle jelas mempermudah proses pembelajaran dan berjalannya komunikasi antar civitas akademik. Menggunakan fitur yang tersedia di Moodle para peserta didik juga lebih mudah menerima informasi terbaru yang ada pada saat itu baik dari guru, internet dan teman sendiri.

E.     Kelebihan dan Kekurangan Moodle
1.      Kelebihan Moodle
Ø  Sistem jaringan dan keamanannya dapat disetting sendiri.
Ø  Ruang akses yang dapat dibatasi sesuai dengan kebutuhan (karna bersiafat open source)
Ø  Fitur yang lengkap untuk sebuah proses pembelajaran jarak jauh.
Ø  Ruang akses yang dapat disesuaikan denagn jaringan yang dibuat.
2.      Kekurangan Moodle
Ø  Perlunya tenaga ahli untuk membangun sistem e-learningnya.
Ø  Membutuhkan biaya lebih.
Ø  Memerlukan hardware khusus.
Ø  Harus menginstal aplikasi khusus.



BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
                 MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constuktionist pedagogy. Aplikasi Moodle dikembangkan pertama kali oleh Martin Dougiamas pada Agustus 2002 dengan Moodle Versi 1.0. Saat ini moodle bisa dipakai oleh siapa saja secara open source. Sistim yang dibutuhkan agar aplikasi Moodle ini dapat berjalan dengan baik adalah dengan Apache Web Browser, PHP, dan Database MySQL atau PostgrSQL. Ada beberapa fitur moodle yang digunakan yaitu : Assigment, Chat, Forum, Kuis, Survei, Bahasa, dan Scrorm.
                  Pembelajaran menggunakan Moodle sangat menekankan pembelajaran (tidak hanya guru) dapat berkontribusi pada pengalaman edukasional. Menggunakan prinsip pedagogikal, Moodle menyediakan lingkungan fleksibel untuk komunitas belajar. Kelebihan Moodle salah satunya yaitu Sistem jaringan dan keamanannya dapat disetting sendiri sedangkan kekurangannya perlunya tenaga ahli untuk membangun sistem e-learningnya dan membutuhkan biaya lebih.   

B.       Saran
                 Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan details dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber – sumber yang lebih banyak yang tentunya dapat di pertanggung jawabkan. Penggunaan Moodle yang sangat baik dan besar kontribusinya pada pendidikan ini sebaiknya terus dikembangkan dan ditingkatkan pelayanannya.


DAFTAR PUSTAKA



BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner
close