Unsur-unsur Knowledge Management

Berikut adalah unsur-unsur Knowledgem Management
a.Informasi/Pengetahuan
Knowledge Management erat kaitannya dengan informasi, pada era global seperti sekarang ini setiap organisasi bisnis saling berlomba untuk mendapatkan informasi – informasi yang berkaitan dengan kondisi pasar, baik itu berupa peluang, tantangan maupun situasi dan kondisi yang dapat menghambat kinerja organisasi secara umum. Organisasi bisnis yang menerapkan konsep knowledge management selalu mengikuti perkembangan informasi pasar dalam hal ini adalah informasi – informasi mengenai kebutuhan konsumen. Kebutuhan konsumen dan pelanggan semakin dinamis dengan semakin tingginya tingkat pendidikan dan pendapatan konsumen. Tuntutan konsumen terhadap mutu suatu produk (barang dan jasa) dan pelayanan terhadap konsumen misalnya mendorong perusahaan untuk menelaah kembali proses produksi, distribusi, promosi, dan pelayanan serta bentuk (model) dan fasilitas pelayanan. Untuk itu perusahaan perlu memperoleh informasi tentang jenis teknologi produksi dan sistem pelayanan yang mutakhir. Apa saja teknologi yang layak ditinjau dari sisi teknis, finansial dan ekonomi. Disamping itu perusahaan pun membutuhkan peningkatan mutu sumber daya manusianya itu sendiri, agar teknologi tersebut dapat dikendalikan oleh individu yang ada dan bukan sebaliknya. Untuk itu pengetahuan tentang metode rekrutmen, seleksi, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia menjadi hal yang vital.
b.Manusia
Perkembangan teknologi informasi memang memainkan peranan yang penting dalam konsep knowledge management. Hampir semua aktivitas kehidupan manusia akan diwarnai oleh penguasaan teknologi informasi, sehingga jika berbicara mengenai knowledge management tidak lepas dari pengelolaan informasi – informasi yang aktual dan terpercaya kebenarannya. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya Sumber Daya Manusia yang memiliki Pengetahuan (Knowledge), Gagasan (Idea), Keahlian (Skill) serta Pengalaman (Experience) untuk dapat membentuk SDM yang superior yang menjadi aset penting bagi perusahaan. Keempat unsur tersebut di atas merupakan modal yang tidak akan habis/hilang begitu saja. Berbeda dengan unsur finansial yang akan habis jika tidak dikelola dengan baik dalam menggunakan keempat unsur tersebut. Kemauan untuk belajar, bertanya, mencoba, mengemukan pendapat dapat menumbuhkan rasa percaya diri kita. Jadi, keempat unsur tersebut pada dasarnya saling berhubungan satu sama lain dimana intinya adalah peningkatan informasi yang terstruktur dan saling berkesinambungan.
c.Organisasi
Hampir semua aktivitas keidupan manusia diwarnai dengan pengelolaan informasi, begitu juga dengan sebuah organisasi. Organisasi harus memiliki sistem pengelolaan yang baik untuk menghasilkan knowledge yang berkualitas dan berguna bagi kepentingan organisasi. Organisasi  memerlukan Knowledge Management untuk melancarkan kinerja organisasi secara umum dengan memanfaatkan teknologi informasi. Organisasi yang menerapkan konsep knowledge management mengikuti perkembangan-perkembangan informasi mengenai kebutuhan konsumennya.
d.Struktur/ Manajemen
Unsur yang terakhir adalaha Manajemen, manajemen merupakan proses dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), kepemimpinan (leading) dan pengendalian (controlling) sebagai upaya dari seluruh anggota organisasi dengan mengunakan seluruh sumberdaya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi

BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner