Pengertian Metode Transportasi


Metode Transportasi merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengatur distribusi dari sumber – sumber yang menyediakan produk yang sama (komoditas tunggal) ke berbagai daerah tujuan secara optimal dengan biaya yang termurah. Tiga hal penting yang harus diingat dari penjelasan di atas, yaitu Komoditas tunggal, daerah sumber (asal) lebih dari satu dan daerah tujuan juga lebih dari satu. Meskipun demikian, metode transportasi tidak hanya berguna untuk optimisasi pengangkutan komoditas (barang) dari daerah sumber menuju daerah tujuan. Metode transportasi juga dapat digunakan untuk perencanaan produksi. Data yang dibutuhkan dalam metode transportasi adalah :
a.                 Level suplai pada setiap daerah sumber dan level permintaan pada setiap daerah tujuan untuk kasus pendistribusian barang; jumlah produksi dan jumlah permintaan(kapasitas inventori) pada kasus perencanaan produksi.
b.                Biaya transportasi per unit komoditas dari setiap daerah sumber menuju berbagai daerah tujuan pada kasus pendistribusian; biaya produksi dan inventori per unit pada kasus perencanaan produksi. Karena hanya ada satu jenis komoditas, pada dasarnya setiap daerah tujuan dapat menerima akomoditas dari sembarang daerah sumber, kecuali ada kendala lainnya. Kendala yang mungkin terjadi adalah tidak adanya jaringan transportasi dari statu sumber menuju satu tujuan; waktu pengangkutan yang lebih lama dibandingkan masa berlaku komoditas. Tujuan Metode Transportasi
Tujuan dari metode transportasi adalah menentukan jumlah yang dapat dikirim dari setiap lokasi ke setiap lokasi tujuan yang memberikan total biaya minimum.
Agar suatu masalah transportasi dapat dibuat model transportasi dan tabel transportasinya, maka masalah transportasi tersebut harus memiliki data mengenai tinggkat supply atau persediaan setiap lokasi sumber, tingkat demand atau permintaan setiap lokasi tujuan, dan biaya transportasi per unit komoditas dari setiap lokasi sumber ke lokasi tujuan. Penentuan solusi awal dapat dilakukan dengan memilih salah satu dari metode berikut: Solusi awal layak dilihat dari jumlah sel yang teralokasi. Solusi layak jika jumlah sel yang terisi sebanyak m + n -1 (m menunjukkan jumlah sumber dan n adalah jumlah tujuan).PT. XYZ mempunyai 3 pabrik yang berlokasi di 3 kota berbeda dan memproduksi minuman ringan yang dibotolkan. Produk dari ketiga pabrik didistribusikan ke 5 gudang yang terletak dilima kota daerah distribusi. Biaya pengangkutan per krat minuman (ratus rupiah), jumlah suplai pada masing-masing pabrik (dalam ribu krat) dan daya tampung pada masing-masing gudang(dalam ribu krat) setiap hari ditunjukkan
Tabel awal dapat dibuat dengan 2 metode, yaitu :
a.                 Metode North West Corner (NWC)
Metode ini penyelesaiannya dengan mengalokasikan permintaan dari pojok kiri atas ke bawah.
Kelemahan : tidak memperhitungkan besarnya biaya sehingga kurang efisien .
b.                Least Cost
Metode Least Cost adalah menalokasikan terlebih dahuu ke tempat yang memilik ongkos terkecil dari lokasi pengiriman
BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner