ANALISIS TEMA KESEHATAN
MATA PELAJARAN IPA
Mata Kuliah : Pengembangan Kurikulum Tematik Integratif Tema Kesehatan
Dosen Pengampu : Dra. Dalifa, M.Pd.
Oleh :
1. Yochi Ferani Mutia A1G015013
2. Uci Fitriani A1G015017
3. Irma Nur Anisah A1G015021
4. Indah Rahmi Febrianti A1G015051
5. Bintang Mutiara JS A1G015059
6. Alamsyah Yudha N A1G015061
7. Kiki Fitria A1G015069
8. Adhytia Kurniawan A1G015071
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2018
Kelas : 6 (Enam)
Tema : 1 (Selamatkan Makhluk Hidup)
Subtema : 1 (Tumbuhan Sumber Kehidupan)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.6 Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup. 4.4 Mengikuti prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan. | · Perkembangbiakan tumbuhan secara Generatif · Penyerbukan pada bunga · Mengamati bunga di sekitar sekolah | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 5
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.6 Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup. 4.4 Mengikuti prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan. | · Perkembangbiakan tumbuhan secara Vegetatif · Mengamati tumbuhan di sekitar · Mencari persamaan tumbuhan yang berkembangbiak generatif dan vegetatif | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 2 (Hewan Sahabatku)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.6 Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup. 4.4 Mengikuti prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan. | · Perkembangbiakan hewan ovipar, vivipar dan ovovivipar · Mengamati ciri-ciri hewan ovipar, vivpar dn ovovivipar | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 3
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.6 Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup. | · Perkembangbiakan vegetatif pada hewan | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 3(Lestarikan Hewan dan Tumbuhan)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.6 Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup. 4.4 Mengikuti prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan. | · Ciri-ciri hewan ovipar, vivipar dan ovovivipar · Mengamati perbedaan ciri-ciri hewan ovipar, cicipar dan ovovivipar | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 5
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.6 Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup. 4.4 Mengikuti prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan. | · Perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan · Mempraktikkan perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Kelas : 6 (Enam)
Tema : 2 (Persatuan dalam Perbedaan)
Subtema : 1 (Rukun dan Perbedaan)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.7 Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang adaptasi makhluk hidup yang ditemui di lingkungan sekitar. | · Adaptasi pada tumbuhan · Mengamati cara tumbuhan beradaptasi | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 3
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.7 Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang adaptasi makhluk hidup yang ditemui di lingkungan sekitar. | · Cara tumbuhan menyesuaikan diri · Cara tumbuhan melindungi diri · Menuliskan perbedaan dan manfaat perbedaan cara adaptasi tumbuhan | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 2 (Bekerja sama mencapai tujuan)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.7 Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang adaptasi makhluk hidup yang ditemui di lingkungan sekitar. | · Adaptasi pada hewan · Ciri-ciri adaptasi hewan yang hidup berkelompok | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 5
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.7 Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang adaptasi makhluk hidup yang ditemui di lingkungan sekitar. | · Ciri-ciri adaptasi hewan yang hidup berkelompok | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 3 (Bersatu kita teguh)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.7 Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang adaptasi makhluk hidup yang ditemui di lingkungan sekitar. | · Adaptasi pada hewan : Mimikri, autotomi dan menggulung diri | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 3
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.7 Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. 4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang adaptasi makhluk hidup yang ditemui di lingkungan sekitar. | · Adaptasi hewan untuk menghadapi musuh · Mengamati persamaan dan perbedaan cara adaptasi hewan | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Kelas : 6 (Enam)
Tema : 3 (Tokoh dan Penemuan)
Subtema : 1 (Penemu yang mengubah dunia)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari. 4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. | · Energi listrik dalam kehidupan sehari-hari · Proses penyaluran listrik | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 4
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari. 4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. | · Benda-benda yang menggunakan energi listrik | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 2 (Penemuan dan Manfaatnya)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari. 4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. | · Benda-benda yang menggunakan energi listrik | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 3
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari. 4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. | · Rangkaian Listrik · Membuat rangkaian listrik sederhana | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 2 (Ayo Menjadi Penemu)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari. 4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. | · Listrik statis dan manfaat listrik statis · Menemukan arus listrik pada benda-benda sekitar · Percobaan listrik statis | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 5
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari. 4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. | · Sumber listrik · Kutub positif dan negatif baterai · Manfaat sumber listrik · Mengamati energi listrik pada baterai | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Tema : 4 (Globalisasi)
Subtema : 1 (Globalisasi di sekitarku)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari 4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan | · Konversi energi listrikmenjadi energi lain · Mengamati benda-benda dengan konversi listrik | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 3
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari 4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan | · Peran energi listrik · Mengamati peran energi listrik terhadap lingkungan sekitar | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 2 (Globalisasi dan Manfaatnya)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari 4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan | · Pengaruh listrik pada perkembangan teknologi · Menemukan contoh benda hasil perkembangan teknologi yang menggunakan energi listrik | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran :4
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari 4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan | · Manfaat energi listrik · Dampak pemborosan energi listrik · Menerapkan hemat energi listrik | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 3 (Globalisasi dan Cinta Tanah Air)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari 4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan | · Penggunaan energi listrik dewasa ini · Hemat energi listrik · Masalah dalam kelistrikan | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 4
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari 4.3 Membuat laporan hasil percobaan tentang hantaran listrik yang mencakup pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan | · Pembangkit listrik tenaga surya | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Tema : 5 (Wirausaha)
Subtema : 1 (Kerja Keras Berbuah Kesuksesan)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.5 Memahami hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut | · Perubahan wujud benda karena perubahan suhu · Percobaan pengaruh panas terhadap sifat benda | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 3
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.5 Memahami hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut | · Pengaruh suhu terhadap sifat benda · Mengamati contoh perubahan karena pengaruh suhu | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 2 (Usaha di sekitarku)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.5 Memahami hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut | · Benda-benda penghantar panas dan benda bukan penghantar panas · Percobaan membandingkan hantaran panas pada berbagai benda | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 3
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.5 Memahami hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut | · Sifat-sifat benda penghantar panas dan benda bukan penghantar panas · Perpindahan panas secaraa konveksi · Percobaan perpindahan panas secara konveksi | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 3 (Ayo, belajar berwirausaha)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.5 Memahami hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut | · variabel bebas dan variabel terikat dari berbagai peristiwa pengaruh suhu pada benda · percobaan tentang perubahan benda akibat pengaruh suhu | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.5 Memahami hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut | · hubungan antara suhu dan perubahan benda · percobaan pembusukan pada roti · Mengamati variabel bebas dan variabel terikat pada proses pembusukan. | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Tema : 6 (Menuju Masyarakat Sehat)
Subtema : 1 (Lingkungan Sehat, Masyarakat Sehat)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan 4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari | · Perbedaan campuran dan larutan · Sifat-sifat campuran dan larutan · Percobaan membuat larutan oralit | Terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan, yaitu tentang mengobati sakit diare menggunakan larutan oralit. |
Pembelajaran : 3
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan 4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari | · Contoh campuran dan larutan · Perbedaan campuran dan larutan · Percobaan membuat campuran dan larutan | Terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan, yaitu tentang membuat larutan dan campuran makanan dan minuman yang sehat bagi tubuh |
Subtema : 2 (Masyarakat Sehat, Masyarakat Kuat)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan 4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari | · Contoh campuran dan larutan · Perbedaan campuran dan larutan · Wawancara tentang berbagai jajanan di sekolah | Terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan, yaitu tentang larutan dan campuran yang digunakan dalam jajanan sekolah dan hubungan larutan dan campuran terhadap kesehatan manusia |
Pembelajaran : 3
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan 4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari | · Pengertian dan contoh larutan · Pengertian dan contoh campuran · Cara memisahkan campuran zat · | Terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan, yaitu tentang hubungan larutan dan campuran terhadap kesehatan manusia |
Subtema : 3 (Membangun Masyarakat Sehat)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan 4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari | · Informasi dan fakta tentang campuran pada udara · Investigasi tentang campuran pada udara dan polusi udara | Terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan, yaitu tentang campuran yang ada pada udara yang bermanfaat bagi kesehatan manusia dan polusi udara yang dapat mengganggu kesehatan manusia |
Pembelajaran : 3
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan 4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari | · Cara membuat larutan · Percobaan membuat larutan anti nyamuk | Terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan, yaitu tentang cara membuat larutan anti nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk yang dapat menyebarkan virus dan parasit, dan mengganggu kesehatan manusia |
Tema : 7 (Kepemimpinan)
Subtema : 1 (Kepemimpinan di Sekitarku)
Pembelajaran : 2
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan. 4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari. | · Sifat-sifat larutan · Pengaruh jumlah zat yang dilarutkan terhadap sifat larutan · Percobaan sifat larutan dengan membuat gelembung sabun | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 4
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan. 4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari. | · Pengaruh zat terlarut terhadap sifat larutan · Percobaan membuat balon sabun dan mengukur diameternya | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 2 (Pemimpin Idolaku)
Pembelajaran : 2
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan. 4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari. | · Sifat-sifat campuran · Percobaan campuran berlapis · Percobaan memisahkan zat padat dan zat cair pada campuran | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 4
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan. 4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari. | · Sifat-sifat campuran · Percobaan penyulingan air | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 3 (Ayo, Memimpin)
Pembelajaran : 2
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.5 Memahami hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalampercobaan tersebut | · Sifat-sifat hantaran panas · Konduktor dan isolator panas · Percobaan sifat hantaran panas | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 4
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.5 Memahami hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalampercobaan tersebut | · Pengaruh suhu terhadap perubahan benda · Macam - macam perubahan benda · Percobaan pengaruh suhu pada perubahan benda | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Tema : 8 (Bumiku)
Subtema : 1 (Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya)
Pembelajaran : 2
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut | · Rotasi bumi dan akibatnya · Percobaan sederhana rotasi bumi | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 4
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut | · percobaan untuk membuktikan pengaruh suhu terhadap perubahan benda · percobaan tentang pembusukan dan perkaratan | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 2 (Bumiku dan Musimnya)
Pembelajaran : 2
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut | · Revolusi bumi dan pengaruhnya · Percobaan sederhana memodelkan revolusi bumi | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 4
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut | · Pengaruh perubahan suhu pada kaca jendela · Percobaan bentuk permukaan bulan | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 3 (Bumi, Matahari dan Bulan)
Pembelajaran : 2
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut | · Gerhana bulan dan pengaruhnya · Percobaan memodelkan gerhana bulan | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 4
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut | · Peristiwa gerhana matahari · Percobaan peristiwa gerhana mataharis | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Tema : 8 (Menjelajah Luar Angkasa)
Subtema : 1 (Keteraturan yang Menakjubkan)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya, matahari sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut. | · Galaksi dan sistem tata surya · Membuat peta pikiran sistem tata surya | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 3
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya, matahari sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut. | · Peran penting matahari · Percobaan membuat kompor tenaga surya sederhana | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 2 (Benda Luar Angkasa dan Rahasianya)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya, matahari sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut. | · Bintang, matahari dan manfaatnya · Percobaan tentang pengaruh suhu matahari. | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 3
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya, matahari sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut. | · Asteroid, meteorid dan meteor · Hal yang akan terjadi tentang asteroid. | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Subtema : 3 (Tokoh Penjelajah Angkasa Luar)
Pembelajaran : 1
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya, matahari sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut. | · Contoh, bukan contoh, ciri-ciri, dan definisi planet dalam bentuk diagram · Karakteristik planet-planet dalam bentuk bagan. | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Pembelajaran : 3
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.2 Mendeskripsikan sistem tata surya, matahari sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya. 4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut. | · Dampak perubahan suhu pada percobaan garam. · Percobaan membuat garam | Tidak terdapat pembelajaran tentang tema kesehatan |
Analisis KD IPA Kelas 6 pada Kurikulum yang Berkaitan dengan Tema Kesehatan
KD | Materi | Hasil Analisis |
3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi | | KD 3.2 pada kurikulum tidak terdapat pada Buku Guru Revisi 2017. Materi untuk KD 3.2 diperoleh dari buku penunjang Kurikulum KTSP kelas 6. |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |