Cara Membersihkan Kerak OLI di Piston & Blok Mesin Motor

Piston motor pastinya itu sangat penting untuk mesin jika tidak ada piston motor tidak akan berjalan atau bisa di bilang mati maka di anjurkan piston harus di bersihkan agar performa mesin motor sudah drop dan bahan bakar bensin pun menjadi boros merupakan itu adalah tanda dari kotoran ruang bakar. Kerak piston dan blok mesin dapat menganggu proses kompresi mesin untuk pembakarannya dikarenakan kotorannya udara yang masuk ke ruangan bakar atau endapan bensin yang tidak terbakar. Dan akibatnya piston bisa bolong akibat kompresi yang berlebihan maka dari itu piston harus di bersihan setiap 1 tahun sehari jika ragu bisa ke bengkel atau anda sendiri yang membersihkannya dengan cara simak artikel dari ototar ini langsung aja berikut cara membersihkan kerak mesin di piston dan blok secara manual memkai peralatan yang sederhana saja.

Bisa juga langkah antisipasi selain membersihkannya cek juga seal klep dan segera jika piston sudah aus segera ganti dengan yang baru jika komponen itu bermasalah oli akan rembes ke ruang bakar. Oli tersebut akan ikut terbakar selama proses pembakaran. Selain menimbulkan asap pekat juga menyisakan kerak di ruang bakar mesin. Selain itu saringan udara harus sering di bersihkan minimal tiga bulan sekali peranti itu harus di bersihkan. Jika sel-sel saringan telah aus sebaiknya di ganti saja karena debu dari udara akan masuk ke isap dan ikut masuk ruang bakar. Pada saat proses pembakaran itulah debu yang bercampur bahan bakar ikut terbakar dan menyisakan kerak. Ketika seal klep di mesin bermasalah oli yang merembes masih berkategori bagus halhasil akibat yang di timbulkan pun tidak separah oli yang telah aus.

Siapkan Peralatan Untuk Membuka Blok Mesin



Gunakan alat yang cukup lengkap jika kurang lengkap beda dengan yang di gambar itu akan mengganggu proses pembongkaran mesin cara yang baik jika kurang minjam saja ke teman atau kerabat terdekat anda dan lengkapi peralatannya yang akan digunakan dan cara untuk membuka pengunci (mur baut) pada mesin.

- Keluarkan oli dari mesin agar mesin oli tidak keluar makan di sarankan oli dikeluarkan saja siapkan kaleng untuk wadah oli tersebut

- Lepas Karbulator dari dudukan karbunya

Pertama buka baut bautnya yang ada di karbulator dan blok mesin dan juga dapat membersihkan bagian dalam karbulatornya juga agaap saja service motor sendiri apalagi oli mesin di ganti juga performa mesin pastinya bagus sekali.

- Membuka Penutup Magnet 

Membuka tutup magnet ini harus berhati hati dikarenakan daleman mesin ga boleh tergores oleh benda tajam dan membukanya dapat di akali dengan mejepit uang koin menggunakan tang dan memutar tutupnya posisikan TOP magnetnya juga yah.

-  Kendorkan saja tensioner keteng dengan cara mengendurkan dapat menggunakan obeng min kecil di putar hingga mengunci itu saja kan.

Buka Empat Baut Pengunci Didepan Blok Mesin


Cara membukannya gampang sekali harus bergantian agar baut tidak slek jika pengencang rantai kamprat memakai model tensioner, buka lah juga dan secara bergantian agar gampang dibuka.

- Buka Baut Gear Noken AS


Membukanya mudah sekali dengan menahan magnet dan putar gear noken as berlawan arah jarum jam saja agar gampang dibukanya jika susah buka lah dengan menggunakan kunci 14 saja.

- Menarik Blok Kop & Blok Mesinnya


Menariknya keluar jangan terlalu di paksa sabar dan pelan-pelan saja satu per satu mulai dari blok kop, gasket, dan blok mesinnya. Untuk melepas pistonnya gunakan saja tang untuk melepas pengunci pen dan tarik pen piston perlahan.

- Bersihkan Piston & Blok Mesinnya


Bersihkannya gampang kok oleskan saja bensin pada kerak agar kerak tidak keras, sikat menggunakan sikat gigi saja atau kawat agar kerak yang ada di piston menghilang dan terlihat kelihatan baru.

- Pasang Kembali Pistonnya


Pasang Piston, blok, gasket, dan blok kop jangan lupa posisi ring kompresi pada piston harus membentuk segitiga agar kompresi tidak bocor dan berhati hati saat memasangnya.

- Pasang juga gear rantai kamrat ke posisi TOP jangan lupa juga posisi kan di top magnet dulu baru gear noken as nya yah gan.
- Merakit kembali karbulator,knalpot body dan baut bautnya
Setelah rakit semua setel ulang campuran udara karbulator agar mesin tidak ngadat saat dinyalakan 

Sekian artikel dari kami jika membuat anda bermanfaat tolong share ke temen anda atau ke somsed yah TERIMA KASIH.
BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner
close