Tips merawat kampas kopling dan cover clutch pada mitsubishi PS120/100



Cara merawat kampas kopling dan cover clutch

bagongss.blogspot.co.id

Salam jumpa kembali para sahabat otomotif.Untuk kali ini saya akan membagiakan sedikit tips tentang bagaimana merawat kampas kopling dan cover clutch.Sesuai dengan fungsinya,kampas kopling dan cover clutch adalah salah satu komponen yang berfungsi sebagai pengerak dan lajunya kendaraan kita.Karena kampas ini dapat habis dengan sendirinya,itu diakibatkan adanya gesekan antara cover clutch dan flee well.Maka dari itu kita harus teliti dengan yang satu ini.
Berikut ini cara bagaimana agar kampas/plat kopling menjadi lebih awet/umur pakainya lebih lama:
1.Biasakan gigi persneleng selalu dalam posisi netral pada waktu berhenti
2.Biasakan mengganti seal as krek bagian belakang dengan kualitas yang baik,untuk mencegah terjadinya kebocoran oli,yang akan mengakibatkan slip kopling.
3.Jangan dibiasakan mengunakan setengah kopling waktu macet ataupun jalan menanjak.Lebih baik gunakan rem atau hand rem untuk menahan mobil agar tidak mundur.
4.Pilihlah Oli yang berkualitas serta rajin menggantinya secara berkala  
5.Pada waktu ngoper persneleng (RPM) diturunkan.
6.Master kopling atas dan bawah harus dalam kondisi baik/tidak bocor.Kalau master kit kopling telat baliknya maka akan selalu menekan plat kopling,Sehingga kampas kopling cepat habis.
7.Part kopling set (plat kopling,matahari/dekrup/drek laher dan laher flywheel)sewaktu penggantian,gantilah yang berkualitas.

Permasalahan pada kopling

1.Pedal kopling berat/keras
2.Pedal kopling getar
3.Pedal kopling macet
4.Minyak kopling selalu kurang
5.Kopling bersuara
6.Mobil kurang tenaga
bagongss.blogspot.co.id

bagongss.blogspot.co.id

Cara mengatasi masalah kopling dan penyebabnya

1.Pedal kopling berat:dekup/matahari sudah aus(ganti/stel dekrup)
2.Pedal kopling bergetar:permasalahn ini sama dengan kopling berat.Dekrup /matahari aus.
3.Pedal kopling macet:master kopling tidak kembali bisa juga kopling masuk angin.
4.Minyak kopling selalu kurang:terjadi kebocoran pada master atas atupun bawah.
5.Kopling bersuara:laher /bearing flywheel (roda gila) aus.Bisa juga per plat kopling longgar.
6.Mobil kurang tenaga:plat kopling  sudah tipis (ganti)

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat untuk para pecinta otomotif mesin mobil.Terimakasih
BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner
close