Tips AC Tetap sejuk di Siang hari

Penghuni kabin dalam mobil mengeluhkan dengan panasnya kabin ketika mobil melaju pada teriknya siang, belum lagi AC mobil yang dirasa kurang nendang disaat siang hari dan matahari sedang menyengatnya. hal ini sebenarnya wajar saja karena hampir setiap mobil di Indonesia mengalami hal yang sama, kasus seperti ini bisa terjadi akibat kalahnya udara dingin ac dengan udara panas matahari.

pada mobil timor yang menggunakan body kaleng memang lebih cepat menyerap panas dibandingkan mobil-mobil yang menggunakan pelat body plastik atau bahan material lainnya. kita sendiri bisa mengakalinya dengan beberapa tips yang tentunya harus merogoh kocek dalam agar kondisi mobil tetap sejuk walaupun diterpa teriknya mentari namun panasnya kabin bisa terjadi akibat kinerja ac yang kurang baik dan sudah hampir rusaknya beberapa part AC Mobil anda.

1. Pasang Kaca Film
memang harga kaca film yang bagus cukup mahal, antara 900-5juta untuk sekeliling kaca mobil akan tetapi harga memang tidak pernah bohong. fitur anti panas pada merk kaca film ternama seperti 3M, spectrum atau Vkool memang cukup handal meredam panas matahari. faktor utama panasnya kabin memang berasal dari kaca karena luas bidang kaca memungkinkan cahaya matahari masuk lebih leluasa, sedangkan jika kita menempelkan kaca film maka cahaya panas matahari akan terpantul tidak meresap kedalam kabin. perlu di waspadai karena banyak beredarnya kaca film palsu, adapun ciri-ciri kaca film ternama yang asli bisa kita tanyakan langsung pada dealer resminya. lebih baik memasang atau membelinya langsung di lokasi dealer resminya biarpun lebih mahal tapi kualitas serta garansi terjamin.

2. Parkir ditempat teduh


Memarkir kendaraan memang tidak boleh asal pilih, jika bisa mobil kesayangan kita ditempatkan pada lokasi parkiran yg teduh dan terhindar dari terik matahari seperti dekat rimbunan pepohonan, reklame atau bayangan gedung tinggi namun perlu diwaspadai akan terkena reruntuhan buah atau pepohonan serta tumbangnya reklami atau dinding ketika hujan badai. apabila memang tidak ada lokasi yang dimaksud, kita bisa membuka sedikit keempat jendela agar terdapat sirkulasi udara dan hawa panas tidak terjebak didalam kabin mobil anda. perlu di pastikan lokasi parkiran aman dari curanmor atau lebih bagusnya lagi jika sudah memiliki talang air pada tiap2 jendela sehingga mobil tidak terlihat sedang terbuka jendelanya.

3. Menggunakan peredam panas


memasang peredam panas mungkin cara yang cukup jitu, selain bisa mengurangi polusi suara seperti bunyi hujan deras atau ketika atap mobil tertimpa benda kecil. pemasangan peredam panas seperti yang sering dipakai pada pabrik2, bisa diaplikasikan pada atap mobil akan tetapi ada tips nya yaitu jgn memasang pada body atapnya, hal ini mencegah supaya panas tidak tersimpan pada kabin. akan tetapi perlu di ingat jangan sampai salah beli atau salah pasang, ada teman yang memasang peredam suara untuk atap sehingga mobil makin panas karena bahan aspal pada peredam suara dapat menyerap panas matahari bukan memantulnya. harga peredam seperti ini per-Lembarnya 50-80ribu ukuran 1meter persegi. pemasangannya bisa di atap, dinding firewall atau kap mesin.

4. Pasang peredam di Pipa AC


entah pengaruh atau tidak tapi saya sendiri melakukannya, pipa ac saya lapisi bahan busa yang biasa buat handle gas motor. ada pula teman yang memasang pelindung selang gas yang berbahan aluminium, entah sugesti atau apa hembusan AC lebih dingin dibandingkan tidak saya beri peredam dan udara juga lebih cepat sejuk. jika ingin mengikuti cara ini, jangan memasang pipa dengan bahan yang gampang meleleh seperti plastik atau lainnya, pasanglah pada bahan yang anti panas karena kondisi ruang mesin sangat-sangat panas dibandingkan kondisi diluar ruang mesin.

5. Pasang Kulit Jok


Hindari pemasangan kulit jok yang warnanya gelap seperti Hitam, gunakanlah warna jok kulit yang cerah dan saya lebih memilih warna jok putih walaupun mobil saya sendiri belum ganti kulit jok, masih standar abu-abu bawaan pabrikan. seperti yang kita ketahui jika warna hitam itu lebih mudah menyerap panas dan akan membuang panas ketika udara terasa sejuk. Apabila sudah terlanjur menggunakan jok kulit warna hitam ya tidak apa-apa, tinggal memberikan beberapa pilihan agar mobil terasa cukup sejuk.

6. Cara terakhir nan Murah


Mungkin cara-cara diatas cukup menguras kantong, kita bisa membuat pilihan lebih murah dengan memasang kipas tambahan seperti foto diatas. harga kipas sekitar 100ribuan dan bisa dicolok pada lubang korek api listrik pada setiap mobil. cara ini cukup bikin sejuk seisi kabin walaupun kinerja aki akan sedikit terbebani oleh hadirnya perangkat ini.

Perlu di Ingat, kesehatan perangkat pendingin seperti AC juga sangat berpengaruh para sejuk tidaknya isi kabin. Timor sendiri termasuk mobil tua dan perangkat ac nya pun sudah berumur tua, saya pernah naik Timor temen yang perangkat acnya baru semua, habis sekitar 2.5juta tapi hasilnya sangat bagus, ketika siang hari mobil masih terasa dingin dan ketika malam hari ac mobil dinginnya minta ampun serta mobil tidak terlalu terasa berat.

mungkin ada teman-teman yang ingin menambahkan?, yuk kita saling share tips….

Terima Kasih



Tambahan Tips dari Om Ginanjar

Oh ya,,tambahan Tips nih Om…

Jangan anak tirikan ac mobil,,,banyak pengguna kendaraan cenderung menganaktirikan perangkat ac dimobilnya,,,asal masih dingin,,,hajar blehh….

Ac rumah,,3 bulan sekali pasti diservis…telat dikit,,langsung ditelepon tukang ac-nya….tapi ac mobil???..belum ngadat pasti belum inget bengkel AC..
Ujung2nya,,muncul opini bahwa perangkat ac mobil cenderung mahal,,sekali masuk bengkel ac,,semurah2nya mesti nebus mahar sejutaan… Padahal,,klo kita mau rajin servis AC mobil tiap 6 bulan sekali (minimal setahun sekali),,dijamin pengeluaran jauh lebih hemat dan ac jauh lebih awet…

Servis AC mobil berkala bikin boros freon???……kate siapee…
freon mobil yang ada,,sebetulnya masih bisa dipake lagi,,,asal tahu cara dan tekniknya… Freon yang ada,,ditamopung dulu didalam kaleng freon kosong,,,,udah selesai servis,,,masukin lagi….. tapiii Kebanyakan bengkel AC gak mau pusing,,,datang mobil,,,vonis bongkar,,,tinggal buka nepel,,,cusssssss…freon terbuang ke udara bebas….kelar servis,,isi freon baru…. Klo tiap mobil freonnya cuma isi ulang,,rugi bengkel donk (katanya…)
gak ada penghasilan tambahan dari jual gas freon….

Tips No. 5 = Pasang Kulit Jok..

Menurut ane malah mending jok lapis Fabric (beludru) bawaan asli mobil aja Om.. Lebih nyaman namun memang kurang bersahabat sama kotoran / tumpahan cairan. Pengalaman ane,,,paling males klo siang hari terik bawa mobil yang udah dilapis kulit jok (entah kulit sintetis murahan ataupun kulit sintetis merek xxx yang sudah kesohor)… biarpun kabin sejuk sama AC,,tapi punggung terkadang rapet sama kulit jok,,, Kulit punggung,,kaus dalam,,baju luar,,jadi rapet dengan jok…prettt…. bikin gak nyaman… Belum lagi klo siang,,mobil yang pake kulit jok sintetis cenderung lebih panas,,gak nyaman didudukin,,kayak dudukin jok motor… Anehnya klo malam dan disembur ac malah sebaliknya,,jok jadi duingiiin nusuk… Tapi yaa itu mah kembali ke selera masing2 aja Om…



Tips Tambahan dari Om Waffen SS

Tips merawat ac : ane terapkan semua mobil ane dan tips ini dapet tahun 80an dari tukang ac :
1. karpet kiri samping supir selalu bersih atau kasih tatakan bekas kalender. kenapa
apabila karpet kiri kotor berdebu akan tersedot blower yang letaknya di pojok bawah
laci, kalau sudah tersedot akan mengalir ke evapurator dibelakang laci apabila kotor
komponen lain akan bekerja lebih berat untuk bersirkulasi dryer ekspansi dan
kompresor karena angin tertahan di evapotaror yang kotor.

2. nyalakan switch ac sebelum mobil bergerak dan apabila sudah terlanjur bergerak
tekan kopling baru switch di on dan apabila melaju lebih dari 130 sebaiknya ac
dimatikan saja agar kompresor awet.

3 benar tips dari admin selang besi ac di ruang mesin dibungkus dengan peredam busa

ini saya buktikan sejak pertama beli timor tahun 1999 sampai juli 2012, tidak pernah bermasalah serta mengeluarkan uang satu rupiahpun untuk ac dan tidak pernah yg namanya service evapurator, nambah freon, service kompresor blower tetap kenceng dan dingin… buktikan brother
BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner