Mengapa Makan Serangga?

Tahukah anda? Serangga, hewan kecil yang sering kita pandang sebelah mata, ternyata merupakan sumber bahan pangan yang sangat potensial untuk dikembangkan. Apa saja manfaat dari serangga sebagai sumber bahan pangan?Menurut John Coupland, ada tujuh keunggulan dari serangga sebagai sumber bahan pangan alternatif yang berkelanjutan, yaitu:
  1. Kandungan protein yang tinggi. Sebagai contoh, kandungan protein jangkrik sebesar 65%. Bandingkan dengan kandungan protein daging sapi yang hanya sekitar 50 persen.
  2. Kandungan nutrien lainnya dalam jumlah yang juga tinggi. Selain tinggi protein, serangga juga mengandung vitamin, mineral, asam lemak tak jenuh dan asam lemak tak jenuh ganda.
  3. Kandungan lemak relatif rendah. Serangga umumnya mengandung lemak kurang dari 5 gram per-porsi penyajian.
  4. Baik untuk lingkungan. Serangga tidak membutuhkan banyak ruang untuk budidayanya, dapat hidup di segala kondisi dan mudah dalam pemeliharaannya.
  5. Dapat diolah dengan berbagai cara. Dapat direbus, ditumis, dipanggang dan digoreng. Atau, mereka juga dapat dibuat menjadi tepung dan digunakan sebagai ingredien untuk produk pangan olahan yang lain.
  6. Ketersediaannya berlimpah. Ada lebih dari 300 species serangga yang dapat kita manfaatkan.
  7. Citarasanya enak. Rasa serangga digambarkan sebagai 'nutty' dengan flavor mirip udang dan ayam.

Sumber:
John Coupland, PhD, CFS
Guru Besar Ilmu Pangan di Penn State University dan anggota untuk Institute of Food Technologists (IFT)

BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner