Lilin Pada Buah dan Sayur

Elvira Syamsir

Pernah menerima pesan ini? "Hati-hati belanja buah karena saat ini buah-buahan banyak yang dilapisi lilin. Berbahaya!" ----Benarkah demikian?

Secara alami, buah dan sayur memiliki lapisan wax atau lilin (senyawa dari kelompok lemak) di permukaan kulit yg berfungsi untuk mencegah penguapan air sehingga kesegarannya dapat bertahan lebih lama. Sayangnya, senyawa lilin alami ini hilang saat buah dan sayur dicuci. Biasanya dilakukan pelapisan kembali buah dan sayur tsb dgn lilin buatan untuk mempertahankan kesegaran buah dan sayur selama transportasi, penyimpanan dan penjualan.

Amankah lilin buatan? Jika merujuk pada regulasi, maka lilin yang dibolehkan utk digunakan pada buah dan sayur adalah yang 'food grade' artinya khusus untuk makanan sehingga aman jika dimakan.

Buah impor yang masuk ke Indonesia, jika lewat jalur tata niaga yang resmi, seharusnya sdh lolos pemeriksaan dr instansi terkait termasuk aspek keamanan pangannya dan diijinkan beredar di Indonesia. Yang perlu diwaspadai adalah buah yang masuk secara ilegal krn tidak ada jaminan aspek keamanan pangannya, termasuk misalnya dlm kasus lilin yang digunakan pada buah tdk ada jaminan bhw lilin tsb food grade.
BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner