Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush

Ulasan Spesifikasi dan Harga Toyota Rush - Toyota Rush merupakan SUV Toyota yang mengusung tema adventure berkapasitas lima penumpang dewasa. Produksi Rush dilakukan bersama Daihatsu dengan produknya unggulannya, Terios. Karena, kedua mobil ini adalah hasil kolaborasi dari kedua pabrikan, sama halnya dengan Toyota Avanza dan kembarannya Daihatsu Xenia. Basis yang digunakan diambil dari Toyota RAV4.

Jika menilik sejarah, Toyota Rush ini diposisikan sebagai pengganti Kijang Rangga Wheelbase pendek yang sudah lama berhenti produksi. Sedangkan Toyota Avanza menggantikan Toyota Kijang Kapsul whellbase pendek yang lebih dikenal dengan trim SX, LSX dan SGX. Dalam hal ini terlihat sedikit sedikit rumit, karenaToyota Kijang Innova memang masih berada dalam keluarga seri Kijang. Namun jika menilik spesifikasi yang ditawarkan secara detail, Avanza lah yang lebih cocok dinobatkan sebagai generasi Kijang selanjutnya.

Kembali ke judul. Toyota Rush pertama kali dikenalkan di Indonesia pada tahun 2007 dengan posisi market SUV kelas bawah, tepatnya di bawah Toyota Fortuner. Di kelas teratas diisi oleh Toyota Land Cruiser 200. Di segmennya, Rush menjadi pesaing bagi saudara kembarnya Daihatsu Terios dan juga pesaing yang juga berasal dari Jepang, yaitu Suzuki Grand Vitara. Di awal tahun 2016, pesaingnya bertambah karena logo H tegak mengenalkan andalan terbarunya, Honda BRV.

Eksterior Toyota Rush
Hingga kini, Toyota Rush tercatat memiliki rentetan tahun produksi yang sangat panjang tanpa adanya perubahan besar, kurang lebih 9 tahun sejak ia pertama kali dikenalkan. Entah mengapa, Toyota seakan-akan enggan mendesain ulang mobil ini dengan bentuk yang lebih modern. Padahal saudaranya yang lain, telah mengalami perubahan besar dari berbagai sektor, meskipun ada yang masih mempertahankan mesin yang sama.

Disini, Topgir akan menjelaskan beberapa minor facelift / perubahan Rush dari tahun ke tahun yang dilakukan Toyota untuk menyegarkan tampilan SUV andalannya ini. Semua varian Rush dari edisi pertama telah dilengkapi dengan lampu utama proyektor dan juga lampu kabut. Untuk spion tanduk hadir pada varian tertinggi. 

Berikut adalah foto Rush edisi pertama yang dijual dari tahun 2007 hingga pertengahan tahun 2010 (prefacelift). 




Setelah memasuki tahun 2010, Toyota melakukan penyegaran tampilan di bagian luar. Perubahan yang dilakukan terlihat sedikit, meliputi desain grill dan bumper yang direvisi ulang, warna mika lampu belakang dan model velg diganti.



Selanjutnya pada tahun tahun 2013, Toyota kembali melakukan minor facelift. Pada versi ini, tipe S sebagai tipe tertinggi dari varian sebelumnya diganti menjadi tipe TRD Sportivo yang lebih  sporty dan dinamis. Perubahan eksterior tampak dari penggunaan bumper yang lebih kekar dengan foglamp menjorok ke dalam. Bagian belakangnya masih sama dengan model facelift sebelumnya.



Untuk terakhir kalinya, Rush mendapatkan facelift di tahun 2015. Semua bagian depan di desain ulang dengan masih mempertahankan bentuk vairan sebelumnya. Bisa dikatakan sebagai mayor facelift meliputi grill, bumper depan dan bonnet. Bumper depan mempercayai cat two tone dengan beberapa serat karbon imitasi. Kesan urban style sangat terlihat, berkat penggunaan lampu led di sekeliling projector dengan stripchrome memanjang di grill depan. Sementara itu dibagian belakang, lampu dibenahi dengan menampilkan kombinasi LED dan lensa smoked. 



Interior Toyota Rush 
Memasuki area kabin, Anda akan disambut oleh suasana kabin berwarna cerah yang menyilaukan mata ketika terkena sinar matahari langsung. Semua unsur dan material masih berupa plastik keras seperti Avanza. Selebihnya, ruang kabin dapat mengakomodasi penumpang 5 penumpang dewasa dengan menyisakan ruang bagasi yang lebih dari cukup.

Pada versi awal, interior antara yang bertransmisi matic dan manual sedikit berbeda. Dimana versi matic menggunakan roda kemudi model 4 spoke sedangkan yang bertransmisi manual mengandalkan setir model 3 spoke.


Lantas peningkatan yang dilakukan Toyota tidak hanya di bagian luar, tetapi juga merambat ke bagian interior. Beberapa panel diberi ornamen krom untuk mengejar kesan elegan. Konsol tengah dan rem tangan berubah bentuknya. Beberapa fitur interior ditambah, dimana telah turut disisipkan tombol kontrol di setir yang memudahkan pengemudi mengontrol audio ketika mengemudi tanpa kehilangan konsentrasi. Satu lagi, roda setir berganti ke model 3 spoke untuk kedua varian transmisi. Tak lupa pula, sistem audio berubah menjadi 2-DIN yang sebelumnya masih 1-DIN. Hal ini berlaku bagi Rush facelift pertama dan kedua, karena keduanya tidak berbeda jauh.


Hal yang menarik terdapat di facelift terakhir. Versi ini mengenakan skema interior warna abu-abu gelap, dengan jahitan merah pada sarung jok. Shift knob dan roda kemudi dibungkus kulit. Double blower, dual airbag SRS, dan sepasang rem ABS dijadikan sebagai standar untuk kedua trim. Perubahan signifikan ada pada penambahan kursi belakang dengan konfigurasi menjadi 2-3-2. Baris kedua dapat dilipat 50:50 dengan sliding dan kemampuan berbaring, sedangkan baris ketiga hanya dapat dilipat 50:50 dan tidak bisa direbahkan ke belakang karena terhalang pintu bagasi.


Kinerja dan Performa Mesin Toyota Rush
Di bagian dapur pacu, Toyota Rush mempercayai mesin 3SZ-VE DOHC berkapasitas 1.5 liter (1.500cc) yang juga dibenakan pada Avanza 1.5. Didukung oleh teknologi VVTi guna menghemat penggunaan bahan bakar. Tenaga yang dapat diproduksi berupa 109 HP pada putaran mesin 5.500 RPM dengan torsi sebesar 145 Nm pada 4.000 RPM yang disalurkan ke roda belakang. 


Tenaganya yang mampu dihasilkan memang terbilang kecil, namun dengan torsi yang lumayan besar di putaran menengah, Rush sangat nyaman digunakan stop and go di dalam kota yang sering dilanda kemacetan seperti Jakarta. Sebagai tambahan, power dan torsi Rush sedikit lebih besar dari mesin Avanza 1.5 untuk menyesuaikan bobotnya yang lebih berat.

Impresi dan Handling Toyota Rush 
Sebagai SUV urban, Rush terlihat terlalu jangkung untuk habitatnya. Dapat dilihat dari jarak mobil dengan permukaan tanah. Alhasil, gejala limbung sangat terasa mulai dari kecepatan rendah hingga menengah. Terlebih pada kecepatan tinggi. Setelah Topgir menjajal mobil ini secara langsung di jalanan ibukota provinsi pinggiran yang banyak lubangnya, dapat disimpulkan bahwa bantingan Avanza lebih manusiawi daripada mobil ini.

Spesifikasi Toyota Rush 
  • Mesin : 3SZ-VE DOHC 1.5 liter, 4 silinder segaris 16 katup VVTi.
  • Tenaga : 109 HP @5.500 RPM.
  • Torsi : 145 Nm @4.000 RPM. 
  • Bore x Stroke : 72 mm x 91.8 mm.
  • Rasio kompresi : 10:1.
  • Konsumsi BBM : 9-11 km / L (dalam kota), 11 - 14 km / L (luar kota).
  • Transmisi : manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.
  • Suspensi : Depan McPherson strut dengan coil spring + stabilizer, belakang 4-link dengan coil spring. 
  • Rival : Daihatsu Terios, Suzuki Grand Vitara, dan Honda BRV.
  • Tahun Penjualan: 2007 - 2016.

Harga Toyota Rush 
Lamanya masa produksi Toyota Rush membuat harga bekas Toyota Rush menjadi sangat beragam untuk setiap tahunnya. Sebagai acuan, harga terendah tahun 2007 berada di angka 120 Jutaan sedangkan harga tertinggi sekitar 250 jutaan untuk tahun 2015. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk browsing harganya di situs jual beli otomotif secara langsung.

Kelebihan Toyota Rush 
  • Harga terjangkau.
  • Sangat sporty.
  • Jauh dari kesan mobil rental.
  • Perawatan gampang.
  • Sparepart murah dan dapat disubstitusi dengan Avanza 1.5.
  • Kapasitas bagasi besar.

Kekurangan Toyota Rush 
  • Sangat limbung.
  • Tenaga kecil.
  • Suara mesin lumayan kasar.
  • Ruang kaki penumpang belakang sempit.
  • Harga jual kembali mudah jatuh dibandingkan produk Toyota lainnya.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi serta keunggulan dan kelemahan Toyota Rush.Intinya, Rush cocok bagi Anda yang memiliki jiwa sporty dan sering berjibaku dengan kemacetan khas ibukota. Adanya paket facelift aftermarket yang disediakan juga memudahkan Anda untuk merubah tampilan Rush lawas dengan edisi terbaru



BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner
close