Menurunkan injeksi colt diesel PS100/120
Trik menurunkan injeksi PS
Sobat Blogger,kali ini saya akn membagikan bagaiman cara menurunkan dan memasang injeksi pump/bos pom.tanpa membokar tutup gigi gear timing dan radiator?
Kalau saya perhatikan, memang tak banyak bengkel-bengkel mesin yang mengerti dengan cara yang lazim digunakan oleh kebanyakan bengkel injection pump/ bos pom. Selain menghemat waktu, sudah sangat bisa dipastikan menghemat juga di sisi tenaga karena kita tak perlu membongkar banyak komponen untuk bisa melepaskan injeksi dari mesin.
OK deh, nggak perlu panjang lebar lagi...Simak baik-baik ya...
Persiapan 1 adalah kunci-kuncinya:
1.Ada kunci inggris (yang besar kalau ada)
2.Kunci ringpas 10,12,14,dan 17
3.Kunci shock 12,14 dan 22
4.Obeng pipih (-)
5.Tang
6.kunci palang/T 10
7.Terakhir martabak 2 loyang (Just Kidding)
> Alas untuk kita ngolong / mengerjakan beberapa bagian di kolong mobil
> Tampang senyum yang manis hehehe... (jangan kerja sambil cemberut)
Sekarang kita langsung ke langkah pengerjaannya...
Pertama kita ngolong bagian depan, putar poli kruk as dengan kunci inggris ke posisi Top1 (bukan Top2 ya), mungkin sebagian belum paham dimana Top1 dan 2.
Kita lihat gambar di bawah ini
Kita putar sampai kita lihat angka 1I4, bukan yang 2I3. Setelah angka 1I4 ada angka 0 dan garis-garis sampai angka 20. Di antara mesin dan poli kruk as ada jarum kecil, kita putar poli sampai angka 0 tepat di depan jarum.
Jika sudah coba cek klep no 1 dan 2, caranya buka tutup cover klep (tempat biasa kita mengisi oli mesin), goyang dengan obeng pipih, jika pelatuk klep 1 dan 2 bisa bergerak bebas berarti sudah tepat di top 1, jika masih ada yang tidak bergerak putar poli sekali lagi ke titik 0 di angka 1I4, pasti pas.
Apakah injeksi sudah bisa dilepas?
BELUM. Lohhh!!!
Kan baru Top1, derajat injeksi belum, jika sudah menemukan Top1 kita putar sedikit hingga jarum menunjuk pada garis 16-18 derajat (2 atau 3 garis sebelum angka 20). Itu baru SIP....
Urusan Top injeksi sudah beres, sekarang kita gunakan kunci 17 untuk melepas selang nosel, kunci 10 untuk melepas colokan oli dan klem2 selang serta plat dudukan seling choke dan gas.
Gunakan kunci shock 22 untuk melepas semua baut nepel minyak, di pompa dan injeksi, lepas selang oli dengan kunci 14 dan 17. Ada yang harus ngolong lewat belakang juga ya.
Sekarang buka plat dudukan injeksi di bagian belakang dengan kunci 14, pastikan semua menempel pada injeksi dan menutupi injeksi sudah dilepaskan, mulai dari selang, seling, baut nepel maupun plat dudukan.
Sekarang tahap terakhir, yaitu melepaskan injeksi dari mesin. Gunakan kunci shock 12 untuk melepas 5 buah baut yang mengikat injeksi ke tutup gigi timer.
JANGAN DILEPASKAN DULU INJEKSINYA!!!!
Loh, kenapa???!!!!
Ini adalah tahapan yang terpenting, harus teliti!!!
Di cover Timer Injeksi (Cover yang ada garis untuk penyetelan derajat timing) bagian depan/sebelum gigi timer ada tanda dengan panah di tengah nya, goyang bagian belakang injeksi ke arah mesin, ingga sedikit terlihat gigi timernya.
Perhatikan pada gambar, ada coakan di salah satu mata gigi timer, dan hanya ada 1 mata diantara semua mata gigi. Pastikan coakan tersebut tepat di jarum pada cover saat bagian belakang injeksi dimiringkan kedalam. Dan ketika Injeksi dicabut, dengan perlahan mata gigi akan berputar naik hingga coakan tersebut tepat disisi atas kotak dimana tanda panah berada.
Jika anda berhasil seperti yang saya gambarkan maka anda telah bisa melepaskan injeksi tanpa harus membongkar tutup gigi timer depan dan radiator.
Semoga Sukses!!!