Tips : Biar gak NGANTUK saat di Kelas

Ngantuk saat belajar ? atau ngantuk di dalam kelas bahkan sampai ketiduran di bangku sekolah, adalah hal umum yang bisa dan biasa di alami oleh beberapa siswa pada saat mengikuti kegiatan belajar ( terutama di dalam ruang kelas ).
Tentunya "perilaku"  ini selain merugikan diri kita sendiri ( yang ngantuk / bahkan ketiduran ) dan juga siswa lain dalam ruang kelas. Tak ketinggalan tentu Bapak / Ibu guru juga ikut-ikutan terganggu oleh "perilaku" seperti ini dari siswanya. Karena "terpaksa" harus ngurusin diri mu
Untuk itu, sebagai seorang siswa Anda harus mempunyai cara-cara khusus agar terhindar dari "perilaku" semacam itu. 
Anda bisa mencoba beberapa trik atau strategi agar terbebas dari "perilaku" yang merugikan tersebut.
Beberapa triknya antara lain :
  1. Menyambungkan diri dengan pelajaran nya , siapapun guru yang mengajarnya.. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa belajar merupakan sebuah kebutuhan ( seperti halnya makan, minum ). Belajar adalah demi dan untuk masa depan saya sendiri
  2. Jangan tidur terlalu larut, terutama pada hari-hari esoknya masuk sekolah. ( kalo malam minggu sih, boleh-boleh saja. Tetapi bagi Anda yang seorang muslim, sangat direkomendasikan  untuk bisa meniru "gaya hidup" Rasulnya.Yaitu : "cepat tidur and cepat bangun".
  3. Makan permen , terutama permen karet ( tapi usahakan agar gak terlihat Bapak/Ibu guru , sebab kalau ketahuan bisa jadi masalah baru ). Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengunyah sesuatu saat belajar dapat meningkatkan konsentrasi belajar seseorang.
  4. Menulis. Tulis lah dalam bukumu apa saja yang di "omongkan" oleh gurumu ketika memberikan penjelasan tentang materi yang saat itu diajarkan. Salah satu penyebab kantuk adalah kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan oleh seseorang. Coba perhatikan Guru Anda, beliau ngomong 1- 2 jam tidak terlihat ngantuk kan ?
  5. Kalau rasa ngantuk gak ketulungan, mintalah ijin pada Guru untuk Anda keluar sebentar lalu masuk kamar mandi, berwudhu lah. atau... paling tidak cuci muka dan sapulah kulit kepala Anda dengan air dingin.. Sesudah itu masuk kembali ke dalam ruang kelas.
inilah beberapa upaya yang bisa Anda lakukan, agar terbebas dari "perilaku" ngantuk / ketiduran saat belajar terutama ketika di dalam ruang kelas.
BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner